MNEWS.co.id – Tren fesyen di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tak hanya sekadar menciptakan koleksi terbaru, saat ini semakin banyak produk fesyen berinovasi dan berkolaborasi dengan banyak pihak. Termasuk salah satunya adalah kolaborasi antara subsektor fesyen dengan subsektor kuliner (fesyen X kuliner).
Munculnya tren kolaborasi antara kedua subsektor unggulan ekonomi kreatif Indonesia ini tentu menjadi langkah awal yang sangat baik. Terlebih lagi, fesyen menjadi salah satu subsektor di industri kreatif yang sangat dinamis dan memiliki kontribusi ekonomi yang cukup signifikan.
Belakangan ini ada banyak jenama fesyen lokal yang berkolaborasi dengan berbagai produk kuliner. Baik itu koleksi makeup yang berkolaborasi dengan bumbu masak, hingga jenama sepatu yang berkolaborasi dengan kue kaleng populer.
Yuk, kita intip beberapa kolaborasi anti-mainstream antara jenama produk fesyen X kuliner lokal yang kami lansir dari laman Kemenparekraf.
Aerostreet X Khong Guan
Belum lama ini, tepatnya pada 13 April 2023, sepatu lokal Aerostreet merilis kolaborasi terbarunya dengan kue kaleng yang kerap disajikan saat Lebaran, yaitu Khong Guan. Kolaborasi eksklusif yang menghadirkan koleksi sepatu limited edition ini terjual habis hanya dalam hitungan detik!
Kolaborasi sepatu lokal ini memiliki perpaduan warna putih, merah, dan kuning ala Khong Guan. Lalu, di bagian heelbertulisan “SEJAK 1970”, dan foto “keluarga” Khong Guan di bagian lidah sepatu lokal ini.
Tak hanya desain sepatu yang anti-mainstream, kotak sepatu Aerostreet X Khong Guan juga didesain benar-benar mirip dengan kaleng kue kering tersebut.
Aerostreet X Nano Nano
Sebelumnya, brand sepatu lokal Aerostreet juga pernah berkolaborasi dengan permen Nano Nano. Mengusung desain sepatu modern anti-mainstreamyang terinspirasi dari kemasan permen, kolaborasi sepatu Aerostreet X Nano Nano habis terjual 5.000 pasang dalam 47 detik!
Kolaborasi yang rilis pada September 2021 lalu ini memadukan warna putih, oranye, dan hijau cerah ala permen Nano Nano. Uniknya, pada bagian belakang sepatu tertulis bahan dasar permen, berat isi, dan kode produksi. Bahkan, pada bagian tumit ada slogan khas Nano Nano: “Rame Rasanya!”
Sage Footwear X Teh Botol Sosro
Selain Aerostreet, juga ada brand sepatu lokal yang berkolaborasi dengan salah satu merek minuman terkenal di Indonesia. Merek sepatu lokal tersebut adalah Sage Footwear yang berkolaborasi dengan Teh Botol Sosro pada Agustus 2020 silam.
Daya tarik kolaborasi fesyen X kuliner ini menggunakan pewarna alami yang berasal dari ampas daun teh. Bahkan, pada bagian sepatu menggunakan kain katun daur ulang yang ramah lingkungan. Memiliki perpaduan unik, tidak heran jika koleksi Sage Footwear X Teh Botol Sosro ludes dalam semenit.
Dear Me Beauty X Sasa
Brand kosmetik lokal Dear Me Beauty juga sempat merilis kolaborasi dengan salah satu merek penyedap rasa yang juga menjadi mitra co-branding Kemenparekraf/Baparekraf RI, yakni Sasa. Kolaborasi subsektor fesyen X kuliner ini merilis berbagai koleksi makeup dengan kemasan yang didominasi warna putih dan tambahan motif khas kemasan Sasa.
Ada banyak koleksi makeup hasil dari kolaborasi Dear Me Beauty X Sasa. Beberapa di antaranya: empat warna “Perfect Matte Lip Coat Limited Edition”, dua warna “Airy Poreless Powder Limited Edition”, serta “MSG Eyeshadow Palette Limited Edition” dengan sembilan shade yang unik.
Luxcrime X Tango
Kolaborasi subsektor fesyen X kuliner dengan brand makeup lokal yang diincar banyak perempuan berikutnya, Luxcrime. Brand makeup lokal Luxcrime berkolaborasi dengan wafer Tango merilis face palette dengan kemasan khusus.
Tak hanya tampilan packaging yang mirip dengan wafer Tango. Koleksi Luxcrime X Tango juga memiliki hint aroma wafer Tango cokelat yang khas. Sebagai pelengkap, Luxcrime juga mengeluarkan koleksi brush berwarna cokelat dengan tulisan “Luxcrime X Tango” di bagian sampingnya.
Upmost Beaute X Tolak Angin
Satu lagi kolaborasi subsektor fesyen X kuliner yang tidak kalah menarik dilakukan oleh brand riasan lokal, Upmost Beaute dengan brand jamu herbal asli Indonesia: Tolak Angin.
Inovasi cemerlang antara Upmost Beaute X Tolak Angin melahirkan eyeshadow palette yang dirilis eksklusif. Uniknya, nama-nama shade pada eyeshadow tersebut terinspirasi dari bahan-bahan alami pada Tolak Angin, seperti mint, honey, ginger, clove, turmeric, fennel, tamarind, dan cinnamon. Menarik banget, bukan?
Itulah beberapa produk kolaborasi antara subsektor fesyen X kuliner di Indonesia yang anti-mainstream. Seru-seru, bukan?
Bagaimana dengan kamu? Apakah terlintas untuk melakukan produk kolaborasi dengan sesama pelaku UMKM lainnya?