Ilustrasi produk buatan industri di Indonesia. (Foto: Kemenperin)

MNEWS.co.id – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan bahwa pengembangan produk Indonesia merupakan salah satu prioritas utama pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Menurut Jerry, pemerintah sebagai regulator harus menjadi contoh dan teladan dalam penggunaan produk dalam negeri.

“Pemerintah pusat maupun daerah harus memastikan produk dalam negeri berdaya. Saat ini, saya memakai kemeja batik buatan lokal. Bahkan, kemeja batik ini dibuat di Kabupaten Minahasa dengan motif Sulawesi Utara,” ujar Jerry melalui keterangan di Jakarta dikutip MNEWS.co.id dari Antara.

Kemendag telah menyediakan berbagai program yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), seperti pembinaan, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas produk, kapasitas sumber daya manusia, kapasitas bisnis, dan perluasan akses pemasaran.

UMKM, ungkap Jerry,  menjadi salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia pada situasi pandemi COVID-19 dalam tiga tahun terakhir. Dari sisi ekspor, lebih dari 75 persen eksportir merupakan UMKM.

Namun demikian, kontribusinya baru mencapai empat persen terhadap total nilai ekspor Indonesia. 

Oleh karena itu, para pelaku UMKM diharapkan dapat melek teknologi agar memperluas cakupan promosi produk dan mampu bersaing secara kualitas.