Ilustrasi Usaha Online. (Foto: akseleran)

Jakarta, MNEWS.co.id – Masa pandemi Covid-19 membuat Anda harus lebih kreatif dan pintar melihat serta mengambil peluang bisnis untuk mencari penghasilan. Menjalankan bisnis perlu perencanaan tepat, pelaku usaha harus menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan, lalu mempelajari peluang usaha bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memahami kemampuan dalam menjalankannya.

Di tahun 2021 ini, perkembangan bisnis online akan terus meningkat. Dikutip dari CNN Indonesia, ada beberapa peluang usaha yang layak dicoba oleh masyarakat. Tak butuh modal besar, peluang usaha rumahan ini bisa Anda coba dengan modal minim. Di antaranya yaitu;

1. Jual Makanan via Online

Pengamat pemasaran dari Inventure Consulting Yuswohady mengatakan perilaku konsumen pada 2021 tidak berbeda jauh dari 2020 lalu. Pola konsumen yang paling menonjol adalah memprioritaskan belanja pada kebutuhan pokok. Oleh karena itu, ia menuturkan jika bisnis makanan masih menjanjikan tahun ini.

Namun Ia memperkirakan konsumen lebih cenderung memburu makanan yang bisa dipesan melalui layanan online baik lewat aplikasi pesan online maupun layanan siap antar (delivery) dari penjual secara mandiri.

Khusus bisnis makanan, Ia juga menyarankan agar penjual memperhatikan kebersihan. Dengan demikian, pembeli bisa meyakini jika makanan tersebut aman dari penularan virus Corona.

2. Bisnis Obat Herbal

Bisnis yang menjanjikan selanjutnya adalah obat-obatan herbal. Sebab, selain makanan prioritas konsumen lainnya adalah kesehatan untuk menjaga imunitas tubuh tetap fit di tengah ancaman penyebaran virus corona.

Yuswohady menjelaskan obat herbal diburu konsumen lantaran dinilai lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang ketimbang obat yang mengandung bahan kimia.

Sementara itu,  pengamat pemasaran dari ‎MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya mengatakan jika bisnis obat-obatan herbal sangat menjanjikan di 2021 karena masyarakat sangat memperhatikan kekebalan tubuh dari virus.

Menurutnya, bisnis herbal ini sudah marak di 2020 menyusul kemunculan virus corona. Oleh sebab itu, Ia menyarankan agar penjual tetap mengedepankan keunikan produk dibandingkan dengan produk serupa lainnya.

3. Les Online

Dengan angka penularan Covid-19 yang masih tinggi, Yuswohady memperkirakan masyarakat masih memprioritaskan aktivitas di rumah. Oleh sebab itu, jasa yang memanfaatkan layanan digital akan banyak diburu oleh masyarakat, misalnya kursus secara digital.

Menurutnya, dengan memaksimalkan teknologi maka biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga minim. Selain itu, ia menilai jika bisnis ini sesuai dengan karakteristik lain konsumen di 2021 yakni low mobility atau meminimalisasi pergerakan guna mengurangi penularan virus Corona.

4. Jual Produk Fesyen via Online

Sementara itu, Hermawan mengatakan bisnis fesyen yang dijual lewat online juga masih banyak diminati konsumen pada 2021 ini. Sebab, ia menilai jika masyarakat masih akan menahan diri untuk mendatangi keramaian termasuk pusat perbelanjaan atau mal.

Untuk modal yang minim, maka penjual bisa menggunakan skema dropship dan reseller melalui platform e-commerce. Dropship adalah skema bisnis dimana penjual bertindak sebagai perantara antara pelanggan dan pemasok.

Pada proses ini, pihak penjual tidak melakukan stok barang serta tidak ikut serta dalam proses pengiriman barang ke pembeli, karena semua proses itu dilakukan oleh pemasok. Berbeda dengan reseller, ia memiliki stok barang dari pemasok lantas menjual kembali barang dari pihak supplier tersebut.