Ilustrasi bisnis melalui website. (Foto: Pixabay)

Jakarta, MNEWS.co.id – Masa pandemi Covid-19 banyak pelaku usaha yang menjalankan usahanya secara daring (go online) untuk mendukung peningkatan pendapatan sekaligus memperluas pasar selama pandemi Covid-19.

Maka dari itu, para pelaku UMKM sangat disarankan untuk memiliki situs web (Website) bisnis sendiri untuk melancarkan dan mengembangkan bisnis mereka selama pandemi Covid-19.

VP Corporate Communication PT Indosat Mega Media (IM2) Ikhsan mengungkapkan, keuntungan dari memiliki website pribadi adalah wirausahawan tidak harus perang harga dan juga bisa mendapatkan data pelanggan. Kedepannya, data pelanggan tersebut dapat diolah atau dianalisis sebagai pengembangan bisnisnya.

Ikhsan juga mengungkapkan IM2 adalah anak dari perusahaan PT Indosant Tbk yang juga sebagai perusahaan jasa telekomunikasi di Indonesia memberikan solusi layanan yang dapat membantu kegiatan masyarakat dalam hal pembuatan websit. Pihaknya akan menyediakan jasa layanan website hosting untuk meningkatkan bisnis pelaku usaha.

“Kami harapkan ini dapat memberikan opsi yang diiinginkan oleh seluruh masyarakat saat masa pandemi ini dan pastinya untuk ke depannya. Kami memiliki layanan HFI (Home Fiber Internet), kebutuhan perusahaan dan bisnis seperti SME dan OLO, fiberisasi BTS, hingga layanan web hosting,” katanya dikutip dari Tempo.

Ikhsan menambahkan pihaknya juga akan memberikan solusi lainnya yang dapat mendukung produktivitas dalam melakukan aktivitas online, dimana dibutuhkan konektivitas internet yang baik dan cepat.

Dengan adanya layanan website hosting dan pelayanan internet yang baik, diharapkan mampu membantu masyarakat khususnya para pelaku UMKM untuk lebih produktif dan tetap berkaya meski di masa pandemi Covid-19.

Saat ini pemerintah telah mendorong UMKM agar mulai go online. Bahkan sejak Mei-Oktober 2020 telah terjadi peningkatan hampir 3 juta UMKM yang go online. Keuntungan dari UMKM yang go online adalah market yang semakin luas dan tidak perlu menyewa gedung untuk melakukan aktivitasnya.