Ilustrasi omnichannel. (Foto: dreamstime.com/biancoblue_info)

MNEWS.co.id – Dengan berbagai saluran komunikasi dan penjualan yang tersedia saat ini, UMKM dapat merasakan manfaat besar dengan mengadopsi pendekatan pemasaran omnichannel.

Pendekatan pemasaran omnichannel dapat membantu pelaku UMKM dalam menjangkau pasar lebih luas dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Tara Farina Srihadi, Lecturer & Faculty Member Binus University menjelaskan, omnichannel adalah salah satu bentuk strategi pemasaran produk dengan mengintegrasikan seluruh saluran, baik daring (online) maupun luring (offline), sehingga saling terhubung dalam dalam satu platform.

Tara menjelaskan, biasanya pelaku UMKM memulai pemasaran dari single channel, misalnya tadinya dari usaha di rumah, kemudian ditambah dengan kebutuhan untuk menjual secara online, atau sebaliknya, dimulai secara online terlebih dahulu. 

Omnichannel ini mengintegrasikan seluruh saluran yang digunakan sehingga tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi konsumen untuk menjangkau produk-produk yang ditawarkan oleh pelaku UMKM,” jelas Tara dalam kegiatan Kelas Komunitas Sahabat UMKM Temu 14 yang diadakan secara daring pada Selasa (29/8/2023).

Strategi omnichannel, lanjut Tara, juga memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM untuk menjangkau konsumennya. Karena tujuan utama dari strategi omnichannel adalah memudahkan interaksi antara penjual dan konsumennya.

Tara Farina Srihadi, Lecturer & Faculty Member Binus University saat menjadi narasumber dalam Kelas Komunitas Sahabat UMKM Temu 14 yang diadakan secara daring pada Selasa (29/8/2023).

Mengapa Pemasaran Omnichannel Penting bagi UMKM?

Dengan memanfaatkan berbagai saluran seperti toko fisik, platform online, media sosial, dan lainnya, UMKM dapat menjangkau pelanggan potensial dari berbagai titik interaksi. 

Hal ini membantu dalam membangun keterlibatan yang lebih dalam dengan pelanggan serta menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan bagi konsumen.

“Mungkin ada konsumen yang lebih suka berbelanja dengan online, ada yang lebih suka berbelanja melalui social media, atau secara offline, nah, interaksi secara omnichnanel ini memberikan kemudahan dan pilihan bagi konsumen untuk memmilih bagaimana mereka berintersaksi dengan penjual,” jelas Tara.

Tara berbagi beberapa tahapan persiapan yang perlu dilakukan oleh pelaku UMKM ketika ingin memulai pendekatan strategi pemasaran omnichannel.

Tahapan tersebut antara lain; mengenali karakteristik pelanggan, merencanakan bagaimana memberikan pengalaman yang positif bagi konsumen, menentukan identitas merek, melakukan segmentasi pelanggan, menentukan konfigurasi dan personalisasi pada semua platform yang digunakan, serta memiliki pola pikir customer centric dengan memikirkan apa yang dibutuhkan serta diharapkan oleh konsumen.

Tara menekankan hal yang paling penting dalam strategi omnichannel adalah bagaimana penjual dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen.

“Ketika konsumen mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, tentunya konsumen akan mengulangi pengalaman berbelanja yang sama dan kemudian akan membangun relationship dengan penjual sehingga terjalin loyalitas antara penjual dan pelanggan,” pungkas Tara.

Simak sesi lengkap Kelas Komunitas Sahabat UMKM Temu 14 melalui video berikut ini: