#UntungPakaiIDE, Solusi Digital yang Tepat untuk Bisnismu. (Foto: Dok/IDE by Indosat Business)

MNEWS.co.id – Tren belanja online yang semakin populer membuat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) beralih untuk “go digital”. Berbagai solusi inovatif untuk membantu UMKM “go digital” pun hadir dan membuka peluang bagi mereka untuk meraih kesuksesan dan pertumbuhan bisnis yang lebih optimal.

Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan, sudah ada 17 juta pelaku UMKM yang bertransformasi digital. Angka tersebut diperkirakan terus meningkat mengingat jumlah UMKM yang terdaftar di Indonesia mencapai lebih dari 60 juta.

Hal ini mendorong pelaku UMKM menggunakan sosial media dalam mempromosikan produk dan jasa melalui platform e-commerce, website, atau aplikasi penunjang operasional usaha lainnya.

Namun, meskipun sudah beralih “go digital”, sebagian besar dari mereka belum paham cara menggunakan aplikasi tersebut dengan efektif. 

Dalam rangka mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia, Indosat Business menghadirkan Indosat Digital Ecosystem (IDE) by Indosat Business sebagai solusi bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan wawasan “go digital” tepercaya lewat satu platform.

Melalui IDE, pelaku UMKM dapat memperkaya wawasan dan literasi bisnis yang disesuaikan dengan jenis dan kebutuhannya serta mempelajari cara mengoptimalkan usahanya dengan konten edukasi. 

Yuk, simak beberapa cara ala IDE by Indosat Business yang bisa diterapkan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing bisnisnya di era digital.

Tentukan Target Pasar yang Jelas
Harus diingat, tidak semua konsumen bisa jadi target bisnismu. Tentukan target konsumen yang spesifik agar kamu dapat membuat promosi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mereka. 

Ketahui minat konsumen dengan IDE (Indosat Digital Ecosystem) dari Indosat Business. Lewat platform ini, pelaku UMKM bisa mempelajari kebiasan konsumen dan memahami tren bisnis melalui fitur IDE Advisory dan IDE Academy.

Buat Promosi yang Diminati Pelanggan
Tentukan promosi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen. Sesuaikan dengan model bisnismu karena setiap bisnis memiliki target konsumen dan keunikannya tersendiri. 

Melalui IDE Advisory, pelaku UMKM bisa mendapatkan wawasan pelanggan yang akurat mulai dari tren terkini, kebiasaan konsumen, hingga lokasi terpopuler. 

Rancang Strategi Sesuai Kebutuhan Pelanggan 
Data adalah aset berharga dalam menentukan keputusan bisnis. Pemanfaatan data yang baik dapat memberikan wawasan konsumen untuk merancang strategi bisnis yang efektif. 

Dengan menggunakan IDE Advisory, kamu bisa memperoleh informasi mengenai pola konsumsi atau kebiasaan konsumen dalam satu platform yang bisa diakses secara real-time sehingga membantu pelaku UMKM untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat. 

Belajar Bisnis Langsung dari Pakarnya
Selain memahami wawasan konsumen, penting bagi kamu sebagai pelaku UMKM untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan bisnis.

Di IDE Academy, kamu bisa mendapatkan pelatihan dan wawasan bisnis langsung dari para pakar di bidangnya, mulai dari merancang model bisnis, branding, sampai teknik digital marketing. Selain itu, pelaku UMKM juga bisa mengakses beragam modul pembelajaran yang disediakan secara gratis. 

IDE dari Indosat Business berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Menyediakan layanan berbasis data yang bisa kamu akses lewat satu platform, mulai dari wawasan pelanggan, belajar strategi bisnis bareng ahlinya, sampai berbagai layanan untuk membantu UMKM go digital.

Segera daftar sekarang dan temukan berbagai manfaat serta solusi digital yang tepat bagi bisnismu di #UntungPakaiIDE.