Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam menjalankan sebuah usaha yang ingin bertumbuh, seorang pengusaha membutuhkan relasi yang lebih luas. Hal ini bertujuan untuk membangun jaringan, memotivasi, menjadi tempat berbagi, belajar, dan banyak hal lain yang bisa Anda dapatkan.
Disamping itu, Anda juga dapat memiliki dukungan yang bisa membantu meningkatkan kesadaran masyarakat atas produk yang dijual. Di sinilah peran dari sebuah komunitas, lewat perkumpulan ini Anda akan mendapatkan manfaat yang banyak dalam usaha.
Ada banyak manfaat yang bisa didapat pengusaha dengan bergabung di komunitas bisnis, salah satunya adalah bisnis yang berkembang. Dikutip dari Redcomm, yuk coba lakukan empat trik berikut ini.
Gunakan Media Online
Di era digital bisnis, Anda bisa menggunakan media online sebagai sarana dalam membangun komunitas, sehingga Anda bisa menjangkau seluruh konsumen tanpa terbatas letak geografis. Kemudian, pemanfaatannya pun jadi lebih terpantau dan feedback-nya bisa cepat dirasakan.
Misalnya, Anda mengandalkan media sosial untuk membuat komunitas terkait produk maka pastikan platform tersebut bisa menampung banyak anggota potensial sebagai upaya promosi bisnis.
Mulailah dari Forum Tanya Jawab
Komunitas bisa dirintis dengan membuka forum tanya jawab pada situs resmi bisnis Anda. Jika anggotanya sudah terkumpul banyak, resmikan sebagai komunitas dari brand Anda. Di komunitas ini nanti, semua orang yang tergabung di dalamnya boleh mengeluarkan pendapat, ide, masukan, bahkan mengisahkan pengalaman terkait produk dan layanan dari brand Anda.
Anda juga bisa meminta kepada anggota komunitas untuk menyumbangkan saran dan perbaikan yang perlu Anda lakukan, misalnya tentang ide kreatif produk selanjutnya atau mengumpulkan foto produk yang digunakan konsumen. Nantinya, bisa Anda manfaatkan untuk promosi dalam rangka meningkatkan penjualan.
Saring Informasi dan Ide Terbaik
Ketika komunitas sudah terbentuk, Anda tentu juga perlu mengelolanya dengan baik. Dimulai dengan menyaring informasi penting yang sekiranya bisa ditambahkan sebagai digital marketing strategist di bidang penjualan.
Jadi pada saat Anda mendapatkan ide dari anggota komunitas, tampung ide terbaik dan terbanyak. Lalu, kembangkan jika memang sesuai dengan konsep bisnis Anda. Hasil dari pengembangan ide seperti ini biasanya lebih signifikan bagi kemajuan usaha karena idenya langsung berasal dari konsumen.
Komunikasi Intens Bersama Anggota Potensial
Teruslah berkomunikasi dengan anggota komunitas, bahkan lakukan sesering mungkin. Sebab, cara Anda menghargai eksistensi anggota komunitas pun akan menentukan keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang.
Ketika orang nyaman dengan pelayanan dan komunikasi sebuah brand, secara tidak langsung mereka akan merekomendasikan brand tersebut kepada orang lain. Ini akan jadi media promosi strategis tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Meskipun membangun brand community memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda, namun Anda pun harus tahu bahwatidak semua komunitas bisa memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis.