Traveloka melalui salah satu unit bisnisnya, Traveloka Eats, berkolaborasi dengan Siklus Refill dalam menghadirkan program donasi unik bertajuk BerbagEATSBerjamaah. (Foto: Kontan)

Jakarta, MNEWS.co.id – Berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan mengkampanyekan pemakaian wadah isi ulang untuk kebutuhan harian, Traveloka melalui salah satu unit bisnisnya, Traveloka Eats, berkolaborasi dengan ‘Siklus Refill‘ dalam menghadirkan program donasi unik bertajuk #BerbagEATSBerjamaah.

Inisiatif yang telah berlangsung sejak tanggal 3 – 31 Mei 2021 ini memungkinkan para pengguna media sosial untuk dapat dengan mudah memberikan kontribusi positif hanya dengan melakukan like, comment, dan share pada foto unggahan akun Traveloka Eats di Instagram.

Setiap like, comment, dan share yang terkumpul dikonversikan menjadi voucher ‘Siklus Refill‘ yang akan disalurkan untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga bagi mereka yang membutuhkan di Jakarta dan sekitarnya.

‘Siklus Refill‘ merupakan startup di Indonesia yang memperkenalkan solusi teknologi isi ulang produk kebutuhan rumah tangga tanpa kemasan guna mengurangi sampah plastik.

Head of Traveloka Eats, Stephen Kohar mengatakan bahwa inisiatif ini merupakan salah satu langkah Traveloka untuk memberikan edukasi terkait pentingnya untuk menjaga lingkungan, dimulai dari mengurangi konsumsi kemasan plastik sekali pakai yang banyak digunakan untuk produk-produk kebutuhan rumah tangga.

“Berdasarkan studi yang dirilis oleh LIPI, ditemukan bahwa terdapat peningkatan signifikan untuk jumlah sampah plastik selama pandemi Covid-19, terutama di wilayah Jabodetabek. Hal ini lah yang melandasi Traveloka untuk berkolaborasi dengan ‘Siklus Refill’ untuk program #BerbagEATSBerjamaah, yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan wadah isi ulang untuk pemenuhan kebutuhan hariannya. Kami juga turut mengajak konsumen dan pengguna media sosial untuk turut berpartisipasi dalam inisiatif ini, karena kami percaya bahwa isu ini merupakan isu yang harus ditanggulangi bersama-sama,” ujar Stephen dikutip dari Kontan.

Sementara itu, ‘Siklus Refill‘ sebagai mitra Traveloka untuk program ini telah konsisten menyediakan alternatif dari produk rumah tangga berkemasan plastik multilayer dan memberi edukasi tentang dampak negatif sampah rumah tangga sejak tahun 2019.

Berangkat dari kepedulian terhadap lingkungan, ‘Siklus Refill‘ menyediakan produk-produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun, sampo, sabun cuci piring, minyak goreng, dan lainnya dalam bentuk isi ulang literan, sehingga dapat mengurangi konsumsi kemasan plastik karena yang digunakan adalah wadah isi ulang milik konsumen.

Menanggapi kolaborasi antara ‘Siklus Refill‘ dan Traveloka Eats, Laksamana Sakti selaku Head of Business and Operations ‘Siklus Refill’, mengatakan, “Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan Traveloka Eats dalam program #BerbagEATSBerjamaah. Inisiatif ini tak hanya mendorong masyarakat untuk membantu sesama hanya dengan langkah mudah saja, tapi juga dapat meningkatkan kesadaran bahwa banyak cara yang dapat digunakan untuk mengurangi sampah plastik, dimulai dari kehidupan keseharian kita. Kami  percaya bahwa setiap kontribusi masyarakat pada program #BerbagEATSBerjamaah akan memberikan dampak yang besar tidak hanya bagi penerima donasi, namun pada kelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Setiap pengguna media sosial dapat turut berpartisipasi dalam program #BerbagEATSBerjamaah dengan langkah-langkah mudah sebagai berikut:

Buka akun Instagram Traveloka Eats (@travelokaeats)
Pilih foto unggahan dengan hashtag #BerbagEATSBerjamaah
Tulis ide kreatif di kolom comment terkait cara kreatif menggunakan kembali kemasan dari layanan pesan antar makanan (reuse). Tag 3 teman dan @siklusrefill.
Tekan tombol ‘Like’ atau ‘Suka’ pada unggahan tersebut.
Sebarkan atau repost foto unggahan tersebut pada IG Story dengan tag akun @travelokaeats & @siklusrefill, pastikan bahwa akun bersifat publik atau tidak private.
Detail konversi untuk setiap partisipasi:
Comment: Rp10.000,-
Like: Rp2.000,-
Repost: Rp4.000,-

“Kami berharap program ini dapat membangkitkan kreativitas konsumen untuk penggunaan kembali kemasan makanan dan minuman yang dipesan, sehingga memberikan dampak yang lebih baik terhadap lingkungan,” tambah Stephen.