Ilustrasi jasa pengiriman. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak diminati orang. Tak heran, memulai bisnis online cenderung memerlukan modal yang lebih sedikit dibanding dengan berjualan di toko fisik.

Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam jualan online adalah pengiriman barang. Pelaku UMKM harus bisa memastikan produkmu sampai ke tangan pembeli dengan aman, cepat, dan efisien. Maka itu, jasa pengiriman barang yang digunakan juga turut menentukan keberhasilan transaksi antara penjual dan pembeli.

Dikutip dari blog Moka, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa pengiriman barang dagangan online.

  • Pastikan pengiriman datang dengan tepat waktu
    Saat membeli barang, konsumen pasti ingin segera bisa menerima produk tersebut di tangannya. Maka itu, semakin cepat kamu bisa mengirimkan barang ke pembeli semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka.

Jasa pengiriman barang yang sudah profesional pasti akan menjamin pengiriman sehingga keterlambatan pun bisa dihindari. Pelaku UMKM bisa memilih jasa logistik yang menawarkan jasa pengiriman di hari yang sama sehingga pelanggan pun tidak perlu berlama-lama menunggu barang yang mereka pesan.

  • Biaya layanan pengiriman barang yang masuk akal
    Dalam memilih layanan pengiriman barang adalah melihat rincian tarif pengiriman dari jasa logistik tersebut. Kamu bisa memeriksa biaya tarif berdasarkan beberapa hal seperti jarak pengiriman dan berat barang. Dengan mengetahui standar ongkos kirim, pelaku UMKM jadi lebih mudah menghitung biaya pengiriman yang perlu kamu siapkan. Biasanya kamu bisa cek tarif pengiriman pada website penyedia jasa logistik.
  • Pilih jasa logistik yang terpercaya
    Selanjutnya kamu bisa pastikan menggunakan jasa logistik yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh bisnis lainnya. Walaupun mungkin ada jasa logistik lain yang menawarkan tarif yang lebih murah, pelaku UMKM harus memperhatikan juga apakah layanan tersebut kredibel dan memiliki layanan yang berkualitas atau tidak.
  • Pengiriman dapat dilacak secara real-time
    Salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu para pelanggan terkadang tak sabar menerima barang yang dipesan secara online. Mereka pasti ingin mengetahui bagaimana proses pengirimannya, sudah sampai mana, dan kapan perkiraan sampai. Untuk itu, penting bagi kamu sebagai pemilik usaha untuk memilih jasa pengiriman yang memberikan update soal proses pengiriman barang, agar pelanggan pun juga bisa lacak pesanan mereka.
  • Menghadirkan paket pengiriman yang lengkap
    Terkadang ada saat ketika kita perlu melakukan pengiriman mendadak di saat itu juga. Atau jika biasanya kamu melakukan pengiriman dengan motor, tiba-tiba perlu mengirim barang berukuran besar sehingga harus dikirim menggunakan mobil. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kamu menggunakan jasa logistik yang menawarkan pilihan pengiriman yang beragam mulai dari pilihan waktu kirim hingga armadanya.
  • Hubungan bisnis dan jasa pengiriman barang
    Toko online dan layanan pengiriman memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Toko online dimudahkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, jasa pengiriman pun diuntungkan dari pemasukan yang mereka dapatkan. Namun, siapakah yang paling diuntungkan dengan hubungan keduanya? Tentu saja para pembeli.

Jasa pengiriman bisa dibilang merupakan jembatan antara penjual dan pembeli. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jasa pengiriman yang tepat untuk menunjang toko online yang dijalankan.