Kemenkop UKM bersama BEI menargetkan setidaknya 10 perusahaan UMKM dapat melakukan listing di bursa saham. (Foto: Humas Kementerian Koperasi dan UKM)

MNEWS.co.id – Pemerintah terus mendorong pertumbuhan dan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) salah satunya dengan go public atau melantai di bursa saham.

Dengan melantai di bursa saham, UMKM akan mendapatkan akses ke investor potensial serta meningkatkan daya tarik mereka di pasar finansial.

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan setidaknya 10 perusahaan UMKM dapat melakukan listing di bursa saham melalui program inkubasi.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menekankan pentingnya transformasi usaha kecil dan menengah untuk go public atau melantai di bursa saham agar mampu naik ke level usaha menengah dan besar.

“Sampai saat ini baru ada 2 UMKM yang listing dari target 10 perusahaan, saya harap ini menjadi perbaikan struktur ekonomi, supaya pelaku usaha menengah bisa naik kelas menjadi usaha besar,” ujar Teten Masduki saat menghadiri Seremoni Pencatatan Perdana Saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Teten mengatakan, struktur ekonomi nasional saat ini masih didominasi usaha mikro informal hingga 96 persen, oleh karena itu perlu diperbanyak jumlah pelaku usaha di level menengah dan besar.

Pihaknya juga mengapresiasi PT Platinum Wahab Nusantara yang menaungi brand Teguk, atas keberhasilannya dalam mencatatkan saham di BEI.

Menurutnya, bidang makanan dan minuman atau Food and Beverage (FnB) memiliki peluang market yang cukup luas dan terbukti mendapat respons yang cukup bagus saat go public.

“Hari ini Teguk sudah masuk di bursa saham dan respons marketnya luar biasa. Semoga ini menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lain, serta ke depan kami akan menjemput bola dengan melakukan inkubasi pada pelaku UMKM agar siap untuk listing di lantai bursa,” kata Teten.

Teten menambahkan, penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance bagi perusahaan yang go public menjadi penting sebagai proses untuk menjaga kesinambungan perusahaan dalam jangka panjang.

“Keberadaan perusahaan Teguk di pasar saham akan meningkatkan transparansi, kredibilitas, memperkuat kepercayaan investor, dan memberikan akses kepada maysrakat luas untuk berpartisipasi dalam keberhasilan perusahaan,” jelas Teten.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Platinum Wahab Nusantara Maulana Hakim mengajak pelaku UMKM di Indonesia, khususnya pelaku usaha muda untuk berani go public, karena melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) akan membuka peluang yang besar untuk naik kelas ke skala usaha yang lebih tinggi.

“IPO ini dapat membuka manfaat seluas-seluasnya bagi semua stakeholder dan mendorong pelaku UMKM lain, khususnya yang bergerak di bidang FnB untuk lebih maju lagi,” ucap Maulana.