Ilustrasi. (Foto: freepik.com)
Ilustrasi. (Foto: freepik.com)

Batang, MNEWS.co.id – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop & UKM) Bidang Perdagangan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terus mendorong UMKM Batang untuk dapat melakukan ekspor mandiri. Salah satunya adalah dengan melakukan pembinaan terhadap beberapa UMKM.

Kabid Perdagangan Disperindagkop & UKM Batang, Endang Rahmawati, menjelaskan adanya peluang UMKM Batang untuk bisa menembus pasar ekspor.

“Sebenarnya mereka sudah bisa melakukan ekspor ke berbagai negara. Hanya saja sekarang itu masih dalam skala kecil dan melalui asosiasi. Oleh karenanya, sekarang ini kami masih menuntun mereka untuk bisa ekspor secara mandiri dengan melakukan pembinaan dan studi ke beberapa pihak terkait,” jelas Endang seperti yang dikutip dari Radar Pekalongan, Senin (10/2/2020).

Endang menjelaskan jika pihaknya juga kerap melakukan pembinaan dan perkumpulan dengan UMKM. Saat ini, Disperindagkop sudah bekerja sama dengan Asosiasi Pelaku Usaha Ekspor, agar UMKM di Batang juga bisa belajar bagaimana melakukan ekspor secara mandiri.

“Sementara ini, mereka masih belajar dari asosiasi dan saat ini mereka juga masih ekspor melalui asosiasi. Harapannya tak sekadar titip saja, tetapi mereka juga nantinya bisa menyerap ilmu bagaimana caranya ekspor. Kemarin juga sudah ada beberapa produk UMKM yang dilirik oleh buyer. Hanya saja sekarang masih dalam tahap survei kelayakan. Mengingat untuk pasar luar negeri terkadang ada beberapa standar yang harus disesuaikan,” jelasnya.

Endang berharap, setelah adanya pembinaan berkala, ke depannya semakin banyak UMKM Batang yang bisa ekspor secara mandiri dalam skala yang cukup besar. “Yang jelas peluangnya terbuka lebar, kita harus menfaatkan ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here