Ilustrasi. (Foto: iStock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Survei tahunan Mondelez International membuktikan, sebanyak 93 persen responden mencari camilan untuk meningkatkan kesehatan mental.

Hasil penelitian bertajuk “The State of Snacking 3.0” ini juga menunjukkan, persentase yang didapat lebih tinggi 18 persen jika dibandingkan data global.

Mondelez mengatakan, survei “The State of Snacking” memiliki tujuan untuk mempelajari kebiasaan konsumen dan menemukan berbagai pemahaman baru mengenai peran camilan, baik fungsional maupun emosional, pada konsumen di Indonesia dan 11 negara lainnya.

“Survei The State of Snacking ini merupakan bagian dari upaya Mondelez International dalam memahami kebutuhan konsumen di seluruh dunia, termasuk di Indonesia,” kata Head of Category Plan and Activation Mondelez Indonesia, Rizky Maulana Kurniawan.

Survei tersebut, menyebutkan bahwa 72 persen responden mengaku motivasi utama mereka dalam memilih camilan adalah sebagai hadiah untuk diri mereka sendiri (self-reward). Lalu, 94 persen di antaranya setidaknya makan satu porsi camilan untuk kebutuhan harian dan satu porsi untuk kesenangan diri setiap hari.

Selain itu, kegiatan ngemil dianggap sebagai waktu untuk melepaskan diri dari beban mental yang mengelilingi setiap hari menurut 61 persen responden serta camilan yang seimbang dianggap dapat tetap membuat hati senang menurut 84 persen responden.

Melihat pentingnya camilan, Mondelez Indonesia turut meluncurkan inisiatif #JamNgemil yang merupakan kelanjutan dari #NgemilBijak pada tahun sebelumnya untuk mendorong masyarakat agar bisa meraih manfaat camilan bagi tubuh dan pikiran.

Head of Corporate and Government Affairs Mondelez Indonesia, Khrisma Fitriasari mengatakan #JamNgemil dapat diartikan sebagai mindful snacking.

#JamNgemil dapat diterapkan dengan meluangkan waktu sejenak di antara kesibukan. Menurut Khrisma, momen tersebut merupakan cara sederhana dalam menyenangkan dan mengapresiasi diri.

Melalui survei The State of Snacking dan inisiatif #NgemilBijak, Ia menambahkan pihaknya berharap upaya ini dapat menjadi inspirasi masyarakat agar bisa meraih manfaat tersebut bagi tubuh maupun pikiran, terutama di masa pandemi.