MNEWS.co.id – PT SUCOFINDO melalui unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggelar workshop dan awareness UMKM untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada pelaku UMKM tentang strategi dan persiapan yang diperlukan untuk memasuki pasar global.
Kegiatan workshop ini dilaksanakan secara hybrid, yang diikuti oleh mitra binaan SUCOFINDO sebanyak 30 UMKM secara offline dan 100 UMKM secara online.
Pasar global telah menjadi peluang yang besar bagi UMKM, sehingga untuk mendukung upaya UMKM naik kelas dibutuhkan edukasi untuk mengembangkan kapasitas para UMKM.
“Khususnya mengenai edukasi digital dan tata cara branding untuk memasarkan di platform ecommerce. Selain itu, juga perlu meningkatkan kualitas produk, seperti terimplementasinya sertifikat halal dan sertifikat keamanan pangan atau produk lainnya,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO Budi Hartanto.
Menurut Budi, penerapan kualitas produk UMKM melalui sertifikat tersebut, mampu memberikan keamanan, kenyaman, dan Kesehatan untuk konsumen.
“Hal ini otomatis akan meningkatkan kepercayaan dan membuka peluang ekspansi pasar lebih luas,” lanjut Budi.
Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT SUOFINDO Nuri Hidayat mengatakan, untuk pengembangan UMKM, perlu diarahkan kepada peningkatan kualitas produk, ketepatan pengiriman dan harga yang bersaing, untuk menjadikan UMKM sebagai bisnis yang layak diperhitungkan di pasar internasional.
“Oleh sebab itu, tujuan diadakannya workshop ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM, khususnya mitra binaan PT SUCOFINDO, untuk menyiapkan menghadapi persaingan pasar internasional,” kata Nuri Hidayat.
Pada Workshop ini, Sucofindo bekerja sama dengan Daganghalal.com, dan turut menjadi pembicara mengenai cara menjual produk secara online serta bagaimana pemenuhan syarat-syarat ekspor produk makanan dan minuman, serta kosmetik di pasar internasional.
Selain itu, juga dipaparkan pengenalan jasa PT SUCOFINDO, seperti sertifikasi halal, dan bidang standardisasi produk serta keamanan pangan, seperti Hazard Analysis Critical Control Point (HACPP), Good Manufacturing Practices (GMP), serta uji lab dan analisa Makanan.
“Kami optimis melalui kegiatan ini dapat membantu para mitra binaan SUCOFINDO untuk naik kelas, dan kedepannya kami siap mendukung melalui kegiatan lainnya dalam peningkatan kapasitas para mitra binaan SUCOFINDO, serta melalui kegiatan yang mampu menciptakan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan perusahaan (Creating Shared Value/CSV),” kata Nuri Hidayat.