Ilustrasi UKM. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – HR Path menghadirkan solusi sumber daya manusia (SDM) berbasis metodologi baru untuk usaha kecil dan menengah (UKM), NUBO.  NUBO membantu mengembangkan bisnis usaha kecil menengah (UKM), sehingga seluruh rangkaian proses dari rekrutmen karyawan hingga pensiun dapat dilakukan lebih cepat, lebih hemat biaya, dan lebih efisien.

Dikemas dengan pendekatan praktik terbaik SDM, pengoptimalan untuk karyawan, dan layanan mandiri manajer, HR Path mengatakan bahwa NUBO menghilangkan entri manual dan proses administrasi yang tidak efisien.

“NUBO dari HR Path membantu mempersiapkan human capital UKM dengan baik, membuat UKM naik kelas menjadi perusahaan enterprise. Human Capital Management (HCM) penting sebab bisnis tumbuh karena orang, bukan karena mesin,” ujar Andi Wibisono, Regional Manager & Director HR Path Indonesia.

NUBO mencakup pra-konfigurasi, standarisasi, dan Human Resource Information System (HRIS) siap pakai. NUBO membantu departemen SDM mengenali potensi strategis yang mereka miliki untuk secara positif meningkatkan nilai dan hasil usaha.

NUBO adalah finalis Penghargaan SAP Global Pinnacle Award dalam kategori Packaged Solution pada tahun 2019 & 2020. Implementasi NUBO pertama kali berhasil dilakukan oleh HR Path di Indonesia dengan AEON Credit Service Indonesia.

Beberapa faktor yang membuat NUBO lebih unggul di antaranya adalah pengguna memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem ERP SDM berkelas, yakni SuccessFactors. SAP SuccessFactors adalah penyedia cloud human experience management (HXM) terkemuka di dunia.

HXM adalah istilah baru untuk HCM yang lebih berfokus pada orang. HXM dari SAP memungkinkan UKM memberikan pengalaman kepada karyawan mereka untuk mengenali nilai individual mereka dan secara konsisten memotivasi mereka untuk mencapai kinerja terbaik.

Keunggulan lainnya adalah HR Path mengetahui apa yang efektif berdasarkan pengalaman panjang HR Path dalam menerapkan sistem SDM. Pendekatan metodologis HR Path terbukti terukur dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. NUBO memungkinkan UKM dengan cepat menggunakan modul SAP SuccessFactors berstandar industri yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Banyak implementasi membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan ketika berhadapan dengan ERP SDM yang besar. Namun seiring waktu, HR Path berhasil mendefinisikan proses ini dan memanfaatkan metodologi out-of-the-box nya untuk membuat implementasi NUBO berjalan cepat dan mudah. NUBO akan diselesaikan dalam waktu 4–8 minggu per modul, di mana beberapa modul berjalan secara paralel.