Pelaku UMKM di NTB mengemas makanan ringan. (Foto: Aswaddy Hamid)

MNEWS.co.id – Sebagai sektor yang menyerap sebagian besar tenaga kerja, Usaha Kecil Menengah (UKM) seringkali mengalami kesulitan dalam menemukan tenaga kerja berkualitas, terutama di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Selain itu, tingkat produktivitas yang optimal juga kerap menjadi tantangan bagi UKM Indonesia.

JobStreet by SEEK, platform karir terkemuka di Indonesia, berkomitmen untuk membantu UKM mengatasi tantangan rekrutmen dengan menyediakan solusi rekrutmen dengan akses yang luas ke jutaan pencari kerja berkualitas dengan beragam latar belakang dan keterampilan.

Solusi ini akan membantu UKM mengatasi tantangan dan masalah dalam merekrut karyawan yang tepat, serta meningkatkan produktivitas usaha mereka melalui rekrutmen yang efektif dan efisien.

Menurut survei yang dilakukan oleh JobStreet by SEEK, UKM di Indonesia mengalami kesulitan dalam merekrut karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi usaha mereka yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya sumber daya manusia, anggaran, dan waktu untuk melakukan proses rekrutmen; rendahnya kualitas dan kuantitas pelamar; serta persaingan yang ketat dengan perusahaan besar.

“Kami sangat menyadari tantangan yang dihadapi oleh UKM dalam mencari karyawan yang tepat untuk pertumbuhan bisnis mereka. JobStreet by SEEK berkomitmen untuk mendukung UKM di Indonesia dengan solusi rekrutmen yang  tepat dengan teknologi pintar di platform kami, dan membantu mereka meningkatkan produktivitas melalui perekrutan yang efisien dan efektif,” ujar Sawitri, Country Marketing Manager Indonesia, JobStreet by SEEK.

UKM dapat dengan mudah mengakses solusi rekrutmen terintegrasi yang ditawarkan oleh JobStreet by SEEK dan memanfaatkan berbagai fitur dan layanan yang inovatif dan efisien, seperti kemampuan platform untuk mencocokkan UKM dengan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Melalui algoritma canggih dan sistem pencocokan yang handal, platform JobStreet by SEEK membantu mempercepat proses rekrutmen, meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk menyaring pelamar, dan meningkatkan kualitas perekrutan.

Platform ini juga memberikan akses ke database lebih dari 10 juta pencari kerja di seluruh Indonesia, yang dapat disaring berdasarkan lokasi, industri, pengalaman, pendidikan, dan keterampilan.

UKM juga dapat merasakan kemudahan dalam membuat dan mengelola lowongan kerja, serta melacak status lamaran melalui dashboard yang interaktif dan informatif.

Bantuan dari tim ahli rekrutmen JobStreet by SEEK, yang dapat memberikan saran dan bimbingan dalam menentukan strategi rekrutmen, menulis iklan lowongan kerja, melakukan seleksi dan wawancara, hingga menawarkan gaji dan kontrak kerja.

UKM pun berkesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pelatihan dan webinar SeekTALKS, yang membahas topik-topik terkini seputar dunia kerja dan rekrutmen. Kegiatan ini akan melibatkan pakar industri dan praktisi yang akan berbagi wawasan berharga tentang perekrutan yang efektif.

“Kami menyadari bahwa UKM memiliki peran penting pada perekonomian Indonesia, yang berkontribusi sebesar 60% terhadap PDB nasional, dan mampu menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia berdasarkan ASEAN Investment Report 2022. Kami percaya dengan solusi yang tepat dan efisien dalam merekrut talenta professional yang produktif, UKM dapat mengoptimalkan produktivitasnya dan berkontribusi lebih besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia,” lanjut Sawitri.

Sebagai upaya kontribusi untuk Indonesia, JobStreet by SEEK menjalankan serangkaian aktivitas kampanye #NextMillionJobs yang bertujuan untuk membantu perusahaan yang membuka lapangan kerja di Indonesia agar dapat diakses dengan mudah, guna mempercepat penyerapan angkatan kerja usia produktif yang belum memiliki pekerjaan. Dalam kesempatan ini, JobStreet by SEEK mengajak para pelaku UKM agar dapat berpartisipasi dan ambil bagian dalam kampanye ini guna bersama-sama memajukan perekonomian nasional.

UKM dapat memanfaatkan solusi rekrutmen dari JobStreet by SEEK dengan mendaftar melalui situs web https://jobstreet.co.id/solusiukm atau menghubungi WhatsApp di 0889-7788-5888.

Dalam upaya mendukung pelaku UKM di Indonesia, JobStreet by SEEK telah menambah dukungan terhadap sistem pembayaran digital di platformnya dengan QRIS dan e-wallet yang sangat populer sebagai metode pembayaran pada segmen UKM di Indonesia.

E-wallet dan QRIS mengurangi proses manual dengan kemampuan pengolahan secara real-time dan hemat waktu, yang dapat merampingkan proses operasi perusahaan namun tetap nyaman dan aman bagi pelaku usaha.