Melalui sinergi ini, Exabytes Indonesia dan EasyStore berkomitmen untuk memperkuat lebih dari 5.000 UMKM Indonesia supaya tangguh secara digital. (Foto: Dok/Exabytes Indonesia)

MNEWS.co.id – Dalam era digitalisasi yang semakin berkembang pesat, sinergi antara sesama pelaku usaha menjadi penting untuk mendukung pertumbuhan digital UMKM Indonesia. Sinergi ini tidak hanya menjanjikan peluang, tetapi juga solusi konkret yang akan membantu pelaku UMKM dan para pegiat kewirausahaan mengatasi tantangan yang dihadapi dalam beradaptasi dengan perubahan zaman.

Untuk membantu mewujudkan UMKM yang tangguh di ekosistem digital, Exabytes Indonesia dan EasyStore telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di sela-sela acara SME Digitalfest 2023 yang berlangsung beberapa waktu yang lalu.

Melalui sinergi ini, Exabytes Indonesia dan EasyStore berkomitmen untuk memperkuat lebih dari 5.000 UMKM Indonesia supaya tangguh secara digital dengan menawarkan solusi perdagangan terpadu all-in-one.

Pendekatan inovatif ini memungkinkan UMKM untuk menjual di berbagai saluran secara bersamaan, termasuk situs ecommerce, marketplace, media sosial, dan POS (point-of-sale) untuk toko fisik, bazaar, dan lainnya.

Sebagai teknologi paling efisien dan ekonomis untuk meminimalkan kebutuhan perangkat lunak dan tenaga kerja manual, solusi ini disesuaikan dengan kebutuhan era digital kontemporer.

Inisiatif mereka juga termasuk menyelenggarakan serangkaian klinik pembinaan untuk mendidik dan membekali UMKM dengan teknologi, pengetahuan, dan keterampilan yang penting.

Dalam analisis data terbaru dari EasyStore, terjadi tren pertumbuhan yang menjanjikan untuk website dan saluran Point-of-Sale (POS) merchant dari EasyStore dan mencerminkan peningkatan Nilai Barang Dagangan Kotor (GMV) yang stabil dan sehat mulai awal tahun 2023.

Pertumbuhan yang konsisten ini menggarisbawahi kepercayaan masyarakat terhadap industri ritel secara digital dan menekankan peran penting EasyStore dalam menjembatani penjualan online dan offline.

Di sisi lain, GMV di berbagai saluran e-niaga lainnya menunjukkan lebih banyak ketidakpastian, yang mencerminkan sifat dinamis pasar online. Tren ini menonjolkan pentingnya platform terpadu EasyStore dalam membantu UMKM menavigasi kompleksitas penjualan multi-saluran, dan menggarisbawahi ketepatan waktu dan relevansi kolaborasi dengan Exabytes Indonesia.

Bentuk komitmen Exabytes Indonesia untuk mencapai target 5,000 UMKM lebih tangguh secara digital juga dengan sejalan bersama upaya peningkatan kualitas produk dan layanannya bekerjasama dengan EasyStore.

“Dengan sinergi kemitraan antara Exabytes Indonesia dan EasyStore ini, kami berharap semakin memudahkan UMKM karena dapat mengelola penjualan dan pesanan toko online dari marketplace dan website hanya dalam satu platform saja,” kata Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima oleh redaksi MNEWS.co.id.

Senada dengan Exabytes, EasyStore berharap sinergi ini dapat mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia yang berdaya saing di ekosistem digital.

“Kami juga berharap dapat mendukung 5.000 UMKM Indonesia, membimbing dan mengarahkan bisnis mereka menjadi lebih sukses dengan solusi digital yang ditawarkan dari EasyStore,” tambah Yienyee Soh, Chief Relationship Officer EasyStore.