Ilustrasi UMKM. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tak terasa Ramadan tinggal menghitung hari, menuju perayaan bulan yang suci itu biasanya muncul geliat-geliat ekonomi yang bertumbuh. Bagi para pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM), momen Ramadan tak boleh dilewatkan karena dapat menjadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

“Selain memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi dan berinovasi juga menjadi kunci menghadapi pandemi,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya.

Oleh karena itu, Tokopedia memberikan lima tips bagi para pelaku UMKM agar dagangannya dapat laris manis menjelang Ramadan, yaitu :

  • Cek Tren Produk yang laris

Mencari tahu produk yang tengah laris di pasaran menjadi kunci agar UMKM dapat meningkatkan penjualannya di tengah momen bulan puasa. Bagi pelaku UMKM yang berjualan di Tokopedia, Anda dapat memanfaatkan fitur Wawasan Pasar yang merupakan fitur bantuan untuk melihat kata kunci yang sering digunakan pembeli, hingga inspirasi tren produk.

  • Percantik toko Anda

Baik berjualan daring maupun langsung, mempercantik toko adalah hal yang baik untuk menarik pelanggan untuk membeli produk. Bagi pelaku UMKM di Tokopedia, anda bisa meningkatkan toko dengan meng-upgrade toko sehingga bisa mendapatkan fitur “Dekorasi Toko” yang tentunya membantu Anda untuk mempercantik toko.

  • Beri promo gratis ongkos kirim

Bebas ongkos kirim dapat meningkatkan penjualan bahkan dapat menjangkau lebih banyak pembeli antar pulau. Apalagi di tengah bulan Ramadhan untuk kategori kebutuhan sehari- sehari konsumsi dan penjualannya cukup meningkat.

  • Siapkan opsi parsel Ramadan

Jika melihat data yang dihimpun pada 2020, Tokopedia mencatat ada peningkatan penjualan parsel makanan hingga 4 kali lipat. Untuk itu, Tokopedia menghadirkan halaman khusus bernama parsel Ramadan di mana penjual dapat ikut menjual paket parselnya sehingga lebih mudah menjangkau para pembeli parsel.

  • Manfaatkan sosial media untuk promosi

Promosi melalui sosial media juga dapat meningkatkan penjualan UMKM di tengah Ramadan. Pemberian promo yang diumumkan melalui media sosial dapat menarik minat pembeli untuk melakukan transaksi.

Maka dari itu, beberapa tips diatas diharapkan dapat membantu pelaku UMKM agar dapat membuat jualannya laris manis di masa Ramadhan yang masih berjalan berbarengan dengan pandemi COVID-19.