Ilustrasi. (Foto: Kreativv)

Jakarta, MNEWS.co.id – Memulai usaha kuliner layak untuk Anda pertimbangkan karena potensi keuntungan yang ditawarkan.

Jika Anda selama ini ingin memulai bisnis tapi belum yakin, tahun 2022 bisa menjadi momentum yang tepat untuk memulainya. Bidang kuliner merupakan pilihan tepat untuk ditekuni mengingat trennya yang tak akan pernah mati.

Jika bingung menentukan jenisnya, Anda bisa memilih salah satu dari tujuh usaha kuliner yang menjanjikan pada 2022 berikut ini dikutip dari Gobiz.

1. Hampers cantik kue kering

Ide bisnis kuliner yang masuk dalam kategori bisnis musiman ini umumnya memang laku keras menjelang hari-hari besar seperti lebaran atau Natal. Walau begitu, hampers cantik kue kering tetap menjanjikan sebagai peluang bisnis 2022.

Di luar momen spesial seperti lebaran atau Natal, masih banyak yang mencari hampers cantik kue kering untuk diberikan kepada klien, teman, atau keluarga.

2. Katering karyawan kantoran

Masa pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan makan siang para pegawai kantoran. Dari yang semula gemar makan siang di luar di berbagai tempat tiap harinya, kini mereka lebih memilih makan bekal sendiri demi alasan kesehatan dan keamanan. Masalahnya, tidak semua karyawan sempat memasak bekal sendiri tiap hari.

Di sinilah peluang bisnis muncul, yakni dengan menyediakan katering karyawan kantoran. Agar makin laris, coba buatlah berbagai menu sehat dan enak yang disajikan dalam kemasan menarik dengan harga bersahabat.

3. Bento lunch box

Peluang bisnis 2022 ini cocok untuk Anda yang hobi berkreasi membuat berbagai bentuk makanan lucu dan menggemaskan. Banyak orang memilih bento lunch box sebagai alternatif makanan yang mendukung kesehatan. Modal usahanya juga tidak terlalu besar karena menunya bervariasi antara nasi, sayur-sayuran, lauk pauk, hingga buah-buahan saja.

4. Frozen food

Berbagai jenis makanan yang awalnya hanya tersedia untuk makan di tempat, kini tersedia dalam bentuk frozen untuk siap disantap di rumah. Contohnya seperti bakso, pempek, dan sebagainya.

Meskipun frozen food tidak sepenuhnya menggantikan food service seperti makan di tempat, bisnis ini tetap bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan pada 2022 karena permintaan yang semakin meningkat.

5. Coffee shop

Salah satu alasan utama mengapa coffee shop akan tetap menjadi peluang bisnis 2022 yang menjanjikan adalah karena kopi bisa dinikmati oleh hampir semua orang. Kopi juga tersedia dalam begitu banyak gaya, rasa, dan jenis yang bisa Anda jual berdasarkan target pasar.

Namun, persaingan di industri coffee shop cukup ketat. Jadi, Anda perlu menonjolkan sesuatu, misalnya dengan memberikan konsumen pengalaman premium dengan memanggang sendiri biji kopi yang diseduh. Selain menjual kopi yang telah diseduh, Anda juga bisa menjual biji sangrai kopi di toko maupun secara online.

6. Masakan Jepang

Masakan Jepang dikenal dengan tampilan dan cita rasanya yang menyenangkan. Makanan satu ini tidak hanya terlihat seperti sebuah karya seni, namun juga sangat sehat sehingga oleh banyak orang dianggap sebagai alasan mengapa orang Jepang berumur panjang.

Nah, Anda bisa coba jual masakan Jepang yang akan tetap populer pada 2022 nanti, seperti sushi, ramen, tempura, dan sebagainya.

7. Masakan Korea

Tidak hanya masakan Jepang, masakan Korea juga bisa menjadi peluang bisnis 2022 yang menjanjikan. Jika Anda juga merupakan penggemar K-pop atau K-drama, maka memulai bisnis masakan Korea bisa dipertimbangkan. Ada banyak menu masakan Korea yang mudah dijual, seperti bibimbap, kimbap, jajangmyeon, tteokbokki, dan lain-lain