Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin menyambut baik upaya Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia. (Foto: Tempo)
Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin menyambut baik upaya Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia. (Foto: Tempo)

Jakarta, MNEWS.co.id – Perusahaan e-commerce Shopee terus merealisasikan komitmennya untuk berinovasi menjadi memberikan pengalaman belanja online yang terbaik untuk para penggunanya. Tak hanya dengan sederet inovasi untuk para pembeli, sebagai salah satu bentuk pemanfaatan internet dari sisi ekonomi Shopee juga berevolusi untuk bisa memperluas peluang dan kemudahan bagi para pelaku UMKM.

Berbagai inovasi yang diberikan di antaranya untuk membantu menjawab tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di era perdagangan terbuka dan berbasis daring saat ini. Salah satu upayanya, Shopee bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintah terkait dengan mengambil inisiatif untuk berkolaborasi meningkatkan ekspor Indonesia melalui pemanfaatan e-commerce.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan pihaknya ingin semakin memperkuat komitmen untuk dapat membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan pasar global berbasis daring seperti sekarang.

“Kami percaya keikutsertaan Shopee dalam pengembangan daya saing para pelaku UMKM akan memberikan manfaat dan pengalaman yang besar terutama untuk meningkatkan keahlian bisnis. Selain berpartisipasi dalam program pemerintah, kami juga menyiapkan momentum internal yang turut mempromosikan bisnis mereka agar lebih luas lagi. Salah satunya kami telah menyiapkan festival belanja dengan menghadirkan 12.12 Birthday Sale untuk menutup akhir tahun ini,” ujar Handhika.

Menanggapi sederet inovasi yang berfokus untuk pengembangan UMKM, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia.

Shopee diharapkan dapat terus membantu UMKM lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan masuk ke ranah online.

“Kami berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. Pemerintah akan selalu mendukung para pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan,” ujar Ma’ruf.

Di samping itu, Shopee juga menyadari potensi pasar syariah yang terus bertumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam pertemuan tersebut, Shopee turut memperkenalkan Shopee Barokah sebagai one-stop muslim lifestyle destination yang telah mengkurasi produk dan layanan syariah dan bermitra denga lembaga kemanusiaan ternama.

Lembaga yang dimaksud adalah seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, ACT, dan Rumah Zakat, untuk memudahkan para pengguna Shopee dalam berdonasi maupun menunaikan zakat.