Jakarta, MNEWS.co.id – Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah UMKM di Kota Jakarta terbantu dengan promosi yang dilakukan oleh Sepedagang Jakarta.
Sepedagang Jakarta merupakan kanal yang membantu promosi dagangan para pedagang bersepeda. “Ini merupakan sebentuk upaya gotong royong. Memanfaatkan media sosial untuk promosi dagangan para pedagang bersepeda, dalam hal ini Instagram,” kata Rio Simatupang, pekerja seni sekaligus inisiator akun @sepedagang.jkt dikutip dari Liputan 6.
Promosi digital ini dilakukan mengingat tidak semua pedagang bersepeda mampu beradaptasi dan terkoneksi dengan marketplace. Kendalanya termasuk alat seperti smartphone.
Rio menjelaskan, Sepedagang Jakarta sangat terinspirasi dari akun Instagram @thecyclistportrait. Ia bercerita, akun tersebut merekam para insan bersepeda, termasuk para pekerja maupun pedagang. Saking terinspirasi, pihaknya mengadaptasi sub-aktivitas di akun tersebut dengan “memotret” para pedagang bersepeda.
Jadi, mengapa pedagang bersepeda? Alasannya cukup personal. Ia pun merupakan seorang pedagang bersepeda.
“Saya jualan nasi kuning cakalang. Belakangan saya namakan NAKUCA SEMESJA ‘Nasi kuning cakalang, semesta Jakarta,'” ungkapnya.
Media sosial diakui sangat membantunya dalam promosi, ditambah banyak pengguna membagikan ulang dagangannya.
“Itu menautkan saya dan dagangan saya dalam kabar lini masa, kemudian interaksi-interaksi lebih terjadi, membuat saya dan dagangan saya bertemu dengan peminat-peminatnya,” tambah Rio.
Pengalaman itu membuatnya berkeinginan turut jadi jembatan rezeki sesama pelaku pedagang bersepeda untuk masuk ke area lebih luas. Saat ini, Sepedagang Jakarta baru menyoroti pedagang bersepeda yang berjualan makanan dan minuman. Tapi ke depan, tidak menutup kemungkinan mereka akan mempromosikan dagangan pedagang bersepeda yang lain.
Ia menambahkan, karena Sepedagang Jakarta mengadopsi jurnalisme warga, siapa saja boleh jadi kontributor dalam mempromosikan barang dagangan para pedagang bersepeda.
Caranya, kirim direct message (DM) ke akun mereka dengan menyertakan foto atau video. Kemudian, identitas singkat kontributor, yakni akun Instagram, juga identitas pedagang bersepeda yang diliput. Wajib disertakan pula informasi tentang dagangan yang dijajakan, serta nomor kontak pedagang yang bisa dihubungi atau akun Instagram dari pedagang itu jika memang ada.