Ilustrasi event Semasa. (Foto: Dok/Semasa di Kota Tua 2018)

MNEWS.co.idSolopreneur merupakan salah satu profesi yang semakin populer di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor, seperti meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berwirausaha, berkembangnya teknologi, dan kemudahan akses terhadap informasi dan sumber daya.

Namun, menjadi solopreneur juga memiliki tantangan tersendiri. Solopreneur harus bertanggung jawab penuh atas semua aspek bisnisnya, mulai dari ide, pengembangan produk atau jasa, pemasaran, hingga penjualan. Hal ini tentunya membutuhkan semangat dan kreativitas yang tinggi.

Untuk mendukung solopreneur dalam mengembangkan semangat dan kreativitasnya, Bank Saqu, layanan perbankan digital dari Bank Jasa Jakarta, dengan bangga mengumumkan kolaborasi dinamis bersama SEMASA, yang terkenal dalam mengkurasi pasar kreatif di Jakarta, dengan menghadirkan SEMASAQU.

SEMASAQU adalah pasar kreatif untuk merek lokal yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjadi wadah bagi masyarakat di Indonesia, khususnya yang berjiwa solopreneur untuk mewujudkan mimpinya.

Baca Juga: UMKM 101: Mengenal Solopreneur dan Kiat Sukses Memulainya

Diselenggarakan di The Brickhall, Fatmawati City Center, Jakarta Selatan mulai dari tanggal 8 hingga 10 Desember 2023, SEMASAQU menghadirkan sebuah acara berupa pasar kreatif (Solopreneur Market) untuk berjualan produk makanan, aksesori, fesyen, kerajinan tangan dan kecantikan.

Sebanyak lebih dari 130 jenama lokal turut berpartisipasi dalam acara ini. Untuk menghadiri acara SEMASAQU, masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Bank Saqu, tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun.

Leo Koesmanto, Presiden Direktur Bank Jasa Jakarta mengatakan, melalui SEMASAQU, Bank Saqu berkomitmen untuk mendukung solopreneur Indonesia dengan menyediakan ruang publik yang inovatif sebagai tempat bagi mereka untuk menampilkan produk kreatif, mulai dari kuliner hingga karya seni, serta wadah untuk berbagi inspirasi dan inovasi.

Bank Saqu yang menyasar generasi muda, terutama para solopreneur di Indonesia yang mencakup pemilik usaha kecil, pekerja lepas, dan karyawan tetap dengan pekerjaan tambahan, menawarkan pengalaman bertransaksi yang menyenangkan dengan beragam keuntungan selama acara SEMASAQU berlangsung.

“Bank Saqu menyadari ambisi dan impian para generasi muda dan produktif yang sedang mencoba membangun bisnis. Lewat SEMASAQU, kami mendukung upaya mereka dengan menawarkan solusi keuangan yang dapat disesuaikan, menghidupkan semangat kewirausahaan agar mereka dapat meraih tujuan finansial yang baik dan memajukan Indonesia,” ujar Leo dalam siaran pers yang dikutip oleh MNEWS.

SEMASAQU bukan hanya sebuah acara, ini adalah manifestasi inovasi yang berpusat pada komunitas Bank Saqu.

“Melampaui transaksi, Bank Saqu secara aktif membangun hubungan, menjalin hubungan, dan memperkaya pengalaman pengguna,” tambah Leo.

Bank Saqu yakin bahwa kolaborasi dengan Semasa lewat SEMASAQU tidak hanya tentang transaksi, tetapi bagaimana Bank Saqu dan Semasa membuka peluang bagi masyarakat untuk meraih impian dan mendukung upaya komunitas untuk berkembang. Dengan memanfaatkan jaringan luas Semasa, Bank Saqu menjadi mitra dalam perjalanan pertumbuhan dan kesuksesan bersama bagi bisnis para solopreneur Indonesia.

Selain Solopreneur Market, SEMASAQU akan menghadirkan Kelas Solopreneur yang mengundang solopreneur lokal seperti Pevita Pearce, Kimmy Jayanti, Iwet Ramadhan dan Onadio Leonardo. Sesi Kelas Solopreneur akan menghadirkan topik-topik pembicaraan seru dan menarik baik bagi solopreneur Indonesia, masyarakat luas dan juga generasi produktif berjiwa solopreneur.

Untuk bergabung dengan Kelas Solopreneur, pengguna Bank Saqu diimbau untuk menyelesaikan berbagai misi dalam aplikasi Saku Booster yang ada di aplikasi Bank Saqu, termasuk berpartisipasi dalam aktivitas cashback. Setelah berhasil menyelesaikan misi, pengguna harus menunjukkan bukti di aplikasi Bank Saqu bahwa telah menyelesaikan misinya untuk berpartisipasi di Kelas Solopreneur dan menikmati pertunjukkan musik.

Gunawan Lo, Co-Founder Semasa menambahkan, “Dengan sejarah mengkurasi lebih dari 30 acara sejak tahun 2017, Semasa telah mengumpulkan lebih dari 800 merek lokal dan internasional.

Kolaborasi bersama Bank Saqu kali ini diharapkan mampu menarik banyak pengunjung selama tiga hari acara berlangsung, selaras dengan tujuan Semasa dalam menyediakan platform unik bagi solopreneur dan bisnis kreatif untuk berkembang.”

“Bersama dengan Bank Saqu, kami percaya aspirasi solopreneur dan pengusaha di Indonesia dapat terus tumbuh. Kami berdedikasi untuk memantik semangat kewirausahaan, memastikan para visioner muda ini tidak hanya bertahan tetapi berkembang di sektor solopreneur,” tambah Gunawan.

Acara ini juga akan menampilkan atmosfer yang seru dengan penampilan musik yang memukau dari beberapa musisi lokal seperti Videostarr, Klassikhaus, Nona Ria, Adhitia Sofyan, dan Endah N Rhesa. Ini menunjukkan bahwa SEMASAQU tidak hanya menampilkan kreativitas lokal, tetapi juga perayaan yang mendalam dan menghibur dari beragam bakat artistik.