Ilustrasi bisnis restoran. (Foto: freepik.com/benzoix)

Jakarta, MNEWS.co.id – Di era informasi seperti sekarang, hampir semua orang menggunakan layanan internet dan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, digital marketing sangat menentukan dalam proses mempromosikan merek tertentu yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan relevan. Upaya ini pun dapat dilakukan menggunakan jasa digital marketing atau yang secara in-house. Lalu, seberapa efektif pemanfaatan digital marketing untuk mendongkrak popularitas bisnis restoran?

Pada bulan Juni 2021, jagad dunia maya diramaikan dengan serbuan masyarakat yang berbondong-bondong mengunjungi gerai makanan siap saji di Indonesia. Mereka merupakan para Army atau penggemar berat grup vokal pria asal Korea Selatan, BTS. Para Army bahkan rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkan BTS Meal atau menu makanan yang dikemas secara khusus yang dijual secara terbatas dan dipromosikan melalui strategi digital marketing.

“Fenomena tersebut merupakan salah satu contoh kesuksesan bisnis restoran dalam memanfatkan digital marketing dalam memasarkan produk. Selain kampanye produk secara efektif, tepat sasaran, dan biaya murah keuntungan lain dalam menggunakan digital marketing adalah orang dapat dengan mudah mengungkapkan pendapatnya tentang suatu peristiwa dan pengalaman. Dengan cara ini kita dapat mengetahui dan mengevaluasi kuliner yang dijual agar dapat menciptakan reputasi yang baik,” ujar Search Engine Optimization (SEO) Specialist, Dedi Kurniawan dikutip dari Marketeers.

Tak hanya itu, salah satu bentuk penerapan digital marketing adalah mampu membuat orang penasaran dengan produk apa yang Anda jual. Oleh karena itu, banyak orang memasarkan produknya dengan cara yang unik untuk menarik perhatian calon pembeli terhadap keberadaan restoran Anda.

Jika dapat memanfaatkan digital marketing secara optimal, dapat berdampak pada meningkatnya kesadaran masyarakat akan keberadaan restoran Anda. Sehingga, produk-produk yang dijual akan semakin dikenal.

Selain itu, manfaat lain yang didapatkan yaitu bisa memperkenalkan kualitas, fasilitas atau bahkan peralatan restoran yang digunakan. Sebab, di era pandemi COVID-19 masyarakat cenderung memilih makanan yang sehat dengan tingkat kebersihan tinggi.

“Apabila fasilitas-fasilitas tersebut telah mampu disediakan dan dikombinasikan dengan digital marketing yang baik, maka masyarakat pasti akan mengunjungi restoran Anda. Oleh karena itu, pastikan restoran yang Anda miliki selalu update,” pungkasnya.

Sumber artikel asli: Marketeers