Ilustrasi kopi. (Foto: Freepik/ArthurHidden)

Jakarta, MNEWS.co.id – Usaha kedai kopi semakin marak bermunculan di Indonesia. Hal ini juga seiring dengan tren budaya minum kopi yang masih bertahan sampai sekarang dan disukai oleh berbagai kalangan dari anak muda hingga orang tua menjadi bagian dari pecinta kopi di Indonesia. Peluang usaha ini juga disertai dengan ketersediaan komoditas kopi di Indonesia yang berkualitas tinggi sehingga mendukung munculnya para pengusaha kedai kopi dari berbagai skala usaha.

Setiap pengusaha tentu memiliki cerita yang berwarna dan inspiratif untuk diambil perjalanan di dalamnya. Seperti kisah dari Panji Aditya, Founder dari Suasana Kopi. Ia mengatakan bahwa dirinya merintis usaha kedai kopi tersebut secara tidak sengaja. Awalnya, Panji memiliki profesi sebagai kontraktor dan beralih menjadi pengusaha kopi lantaran terinspirasi ketika sedang mengerjakan proyek dengan kliennya.

“Awalnya tuh kepikiran kedai kopi karena sering banget ngerjain aktivitas kantor sambil ngopi gitu. Nah, dari situ kepikiran kenapa gak coba buat bikin coffee shop sendiri biar bisa sekalian meeting sama klien,” ujar Panji saat menjadi narasumber #DIALOKAL yang diadakan oleh Koinworks melalui Instagram Live, Kamis, (1/7/21).

Akhirnya di tahun 2017, Panji pun memberanikan diri untuk membangun bisnis coffee shop dengan jenama Suasana Kopi. Kedai kopi ini menghadirkan konsep ‘ngopi cantik’ yang berbeda dengan tidak memberi table set pada pengunjung tetapi tetap dengan menghadirkan suasana yang hangat.

Membangun usaha kopi tentu tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran seorang peracik kopi atau yang lebih dikenal dengan barista. Salah satu sosok panutan di dunia kopi Indonesia adalah Viki Rahardja, seorang profesional barista yang sepak terjangnya telah diakui secara global dan juga pemilik Kopi Bu Dokter.

Ia menceritakan awal ketertarikannya pada kopi hadir sejak masa kuliah ketika tidak sengaja melamar sebagai part time di sebuah coffee shop di Yogyakarta. Perlahan Ia mulai mengenal berbagai jenis kopi, termasuk deretan kopi asli khas Indonesia.

Kegiatan #DIALOKAL yang diadakan oleh Koinworks bersama Panji Aditya, Founder dari Suasana Kopi dan Viki Rahardja, pemilik Kopi Bu Dokter melalui Instagram Live, Kamis, (1/7/21).

Akhirnya Viki pun memacu skill nya dari sekadar menyeduh secara tubruk hingga lambat laun menaruh perhatian besar pada specialty coffee, alias biji kopi dengan karakter rasa yang berbeda antara satu tempat dan lainnya.

Dengan berbagai pengalamannya selama 10 tahun dalam berkenalan dengan beragam jenis kopi, Viki memberanikan diri untuk merintis kedai kopi bernama Bu Dokter di akhir tahun 2020. Kedai kopi tersebut terinspirasi dari sang istri yang berprofesi sebagai Dokter sekaligus penggemar kopi yang ingin memiliki kedai sendiri.

“Sebenarnya usaha coffee shop ini bisa dibilang hadiah buat istri saya yang emang suka banget ngopi dan pengin punya kedai dengan taste sendiri. Karena profesi dia sebagai dokter, akhirnya dipilih deh nama Kopi Bu Dokter biar gampang diinget juga,” kata Viki saat menjadi narasumber dalam kegiatan yang sama.

Memiliki latar belakang usaha yang sama, Panji dan Viki membagikan beberapa tips bagi pelaku usaha pemula yang ingin membuka usaha kopi ataupun merintis usaha yaitu;

Pertama, memiliki jiwa sebagai pengusaha. Seseorang yang mempunyai jiwa wirausaha akan dapat mengembangkan bisnisnya dengan baik, karena Ia melakukan usahanya dari hati, dengan niat, dan konsisten. Tidak hanya itu, sebagai pelaku usaha tentu akan mendapatkan keuntungan dari pekerjaannya mulai dari mengasah skill, mendapatkan pengalaman, sekaligus dapat belajar untuk mengenali passion.

Kedua, berani mengambil risiko. Hal ini menjadi salah satu kunci dalam memulai usaha. Setiap pelaku usaha harus berani mengambil risiko untuk setiap tindakan bisnisnya. Maka dari itu yang harus dilakukan adalah Anda harus memahami bisnis yang dibangun serta ambil langkah tepat dalam keputusan selanjutnya.

Ketiga, membuat model bisnis (business plan) yang tepat. Rencana bisnis akan membuat pelaku usaha lebih fokus dan terarah saat menjalankan bisnis. Dengan begitu, tujuan dalam merintis bisnis akan sesuai target yang telah diterapkan dan dapat berkembang dengan baik. Selanjutnya langkah dari business plan juga dapat memberi prediksi di masa depan

Keempat, mempersiapkan modal usaha. Bagi pelaku usaha, modal merupakan salah satu hal penting sebelum menjalankan sebuah bisnis. Dengan terbatasnya akses ke permodalan tentu akan menyulitkan para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak instansi-instansi peminjaman yang memberikan kemudahan keuangan bagi pelaku usaha untuk mendapatkan modal salah satunya adalah Koinworks.

Ternyata membangun usaha kopi tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi di masa pandemi saat ini persaingan semakin ketat. Tidak mengherankan, harumnya industri kopi membuat para pelakunya harus memutar otak menjadikan kedai kopinya berbeda dari lainnya.

Tanpa model bisnis yang tepat serta kerja keras, rasanya kesuksesan dalam sebuah bisnis sulit untuk diraih. Melihat peluang serta strategi bisnis yang baik menjadi bekal pengusaha kopi untuk terus mengembangkan usahanya.