Ilustrasi Croffle. (Foto: Whats New Indonesia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tren kuliner makanan ringan croffle, banyak dicari dan digemari setelah dipopulerkan oleh sejumlah artis Korea Selatan. Sejak akhir 2020, semakin banyak pemilik kafe atau pengusaha kuliner yang menyediakan menu croffle.

Croffle adalah hasil gabungan dari dua makanan, yaitu croissant dan wafel. Cara membuat croffle juga cukup sederhana. Croffle dibuat dengan cara memasak adonan croissant di atas pemanggang wafel sehingga hasilnya terlihat seperti wafel.

Membayangkan bagaimana bentuk croissant yang dibuat seperti wafel tentu akan menggugah selera. Jika Anda tertarik mencoba cara membuat croffle, ada banyak resep yang bisa Anda coba. Ini juga menjadi menu camilan yang cocok untuk disantap sebagai sarapan pagi Anda.

Melansir dari laman cookpad.com, berikut resep cara membuat croffle yang lezat dan mudah dicoba untuk berjualan.

Bahan-bahan:
200 gram tepung terigu
20 gram gula pasir
20 gram mentega beku
6 gram susu skim
4 gram ragi instan
2 butir telur ayam
100 gram air hangat
sejumput garam

Cara membuat croffle:

  1. Tuang air hangat dan ragi ke dalam wadah, aduk sampai merata. Tutup wadah dan diamkan sebentar sampai raginya berbuih.
  2. Pada wadah berbeda, masukkan tepung terigu bersama gula pasir, susu skim, mentega, dan garam. Aduk semua bahan sampai tercampur merata. Masukkan sedikit telur ke dalam adonan ragi.
  3. Jika adonan ragi udah jadi, masukkan adonan tepung tadi ke dalamnya. Aduk dengan spatula kayu hingga tercampur merata dan padat.
  4. Setelah itu, tuang adonan adonan ke atas meja yang sudah dilapisi plastik. Uleni adonannya hingga kalis dan elastis. Kalau sudah, masukkan kembali ke dalam wadah, tutup dengan kain, diamkan selama 30 menit hingga mengembang.
  5. Sambil menunggu adonan, pipihkan mentega beku dengan rolling pin. Kalau sudah, masukkan ke dalam ziplock dan simpan di kulkas selama 15 menit.
  6. Keluarkan adonan roti dan pipihkan adonan, tapi jangan terlalu tipis. Letakkan potongan mentega di atasnya, lalu lipat adonan hingga tertutup rapat.
  7. Giling kembali adonan, agar menteganya gak mudah keluar saat dimasak. Lakukan sampai adonan dan mentega habis. Diamkan adonan di suhu ruangan selama 30 menit.
  8. Gulung adonan dari bagian bawah sampai ke atas sampai membentuk sebuah croissant. Diamkan sebentar lagi, lalu siapkan alat waffle di atas meja.

Kepopuleran croffle tidak berhenti sampai di Korea Selatan. Saat ini, croffle juga banyak dijajakan di kedai kopi dan bakery di Indonesia. Buat Anda yang jeli melihat ini sebagai peluang usaha, tentu tidak akan menyia-nyiakan peluang bisnis yang menguntungkan ini.