Ilustrasi. (Foto: Nestle)

Jakarta, MNEWS.co.id – Banyak orang yang bersimpati dan mendukung teman atau keluarga yang sedang menjalani masa isolasi mandiri (isoman) karena positif Covid-19. Salah satu bentuk dukungan dikirimkan melalui makanan.

Makanan bergizi diketahui mampu mempercepat penyembuhan Covid-19. Dalam menjalani isolasi mandiri ini, pasien Covid-19 tentu saja tidak bisa bolak-balik keluar kamar untuk membuat makanan.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mempelajari makanan sehat yang tetap terjaga nutrisinya bagi teman atau keluarga yang sedang isoman. Bagi Anda yang memiliki keinginan mengirimkan makanan bisa mencoba beberapa menu di bawah ini yang dilansir dari Kompas.com.

1. Salad sayur

Alih-alih memberikan salad buah yang tinggi kandungan gula, coba berikan salad sayur dengan varian saus yang lezat. Anda bisa memberikan salad sayur dengan saus wijen sangrai, minyak zaitun dicampur cuka balsamik, atau mustard madu yang lezat.

Ada banyak penjual salad sayur saat ini, sebaiknya berikan salad bowl alih-alih salad wrap dengan roti tortilla. Sebab salad wrap mudah rusak jika tidak langsung disantap.

2. Nasi tim

Anda bisa membuat nasi tim sendiri di rumah dan kemas nasi dalam wadah makanan alumunium. Nasi tim bisa disimpan selama beberapa hari oleh teman atau keluarga yang sedang isoman. Saat ingin menyantap, mereka tinggal mengukus nasi tim dengan wadah alumunium tersebut.

3. Jus buah murni

Cuci bersih kulit buah sebelum dijus. Hindari mencampur gula atau bahan pemanis lain pada buah yang akan dijus. Anda bisa mencampur berbagai jenis buah untuk rasa jus yang lebih enak. Saat ini juga banyak penjual jus buah murni dengan harga yang beragam.

4. Jamu

Minuman asli Indonesia ini terkenal punya khasiat yang baik untuk kesehatan. Anda bisa membuat jamu sendiri di rumah, karena prosesnya tidak sulit. Wadah penyimpan jamu terbaik adalah kemasan kaca karena dapat menjaga rasa, aroma, dan khasiat. Namun, jika tak ada pilih kemasan plastik bersih dan jangan disimpan lama.

5. Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo terkenal nikmat dan bergizi. Anda bisa memberikan sepaket bubur kacang ijo yang sedang isoman lengkap dengan roti tawar, gula merah, dan santan yang terpisah. Paket terpisah ini membuat vubur kacang ijo tahan lama saat disimpan di kulkas.

Makanan untuk dikirim ke pasien Covid-19 sebaiknya mengandung nutrisi yang tinggi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Terutama untuk pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri (isoman) agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat.