Wisata Mangrove Gunung Anyar, Surabaya. (Foto: Wisatainfo)

Jakarta, MNEWS.co.id – Di awal tahun baru ini, mungkin Anda sudah membuat rencana liburan seru bersama keluarga. Lokasi-lokasi liburan memang sudah cenderung lebih sepi di awal tahun, sehingga dirasa lebih aman untuk dikunjungi.

Walaupun sekarang sudah memungkinkan untuk terbang ke negara-negara dan kota-kota lain, menikmati liburan tanpa harus pergi jauh ternyata tetap bisa seru. Selain itu, bepergian menggunakan kendaraan pribadi juga lebih aman dibanding menggunakan kendaraan umum.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, ada beberapa hidden gems yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut adalah beberapa hidden gem yang bisa dikunjungi, dikutip dari Antara.

Kampung Bali, Bekasi

Di kecamatan Harapan Jaya, Bekasi Utara, ada komunitas keluarga Bali yang telah tinggal di daerah tersebut sejak tahun 1980an. Daerah ini dihias dengan ornamen tradisional Bali dan rumah-rumah berarsitektur Bali yang memberikan nuansa seperti di Bali. Anda bisa berkeliling di kampung ini dan berbincang dengan penduduk setempat, serasa di Bali tanpa harus pergi ke Bali.

Hutan Kota Srengseng, Jakarta

Sebuah tempat pembuangan sampah yang diubah menjadi lahan hijau. Anda dapat menemukan lebih dari 4.500 tanaman di hutan seluas 15 hektare ini. Hidden gem ini memberikan pemandangan yang indah, Anda juga bisa memancing, piknik bahkan memanjat di sini.

Studio Alam Gamplong, Yogyakarta

Ada banyak lokasi di Yogyakarta selain pantai dan jalan Malioboro loh. Anda bisa datang ke Studio Alam Gamplong, di mana Anda bisa merasakan kembali ke Batavia era abad 20. Lihat desain lokasi yang pernah digunakan untuk film seperti Sultan Agung: The Untold Story.

Mangrove Gunung Anyar, Surabaya

Di Surabaya, terdapat banyak mangrove di dekat pantai. Salah satunya adalah Mangrove Gunung Anyar yang telah dilengkapi dengan fasilitas untuk Anda berjalan, membuat hidden gem yang satu ini menjadi lokasi edukasi dan wisata sekaligus. Tempat ini juga cocok untuk jogging karena sudah tersedia jogging track yang dikelilingi pepohohan agar Anda bisa merasa lebih sejuk.

Candi Gedong Songo, Semarang

Kalau Anda penggemar arsitektur zaman dahulu, tidak jauh dari kota Semarang terletak Candi Gedong Songo, yaitu kumpulan kuil Hindu yang dibangun pada abad ke-9. Jangan lupa mengambil banyak foto untuk di post di Instagram karena Anda akan merasa pergi kembali ke zaman dahulu.