Ilustrasi. (Foto: Kemenkop UKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah terus mendukung UMKM kembali bangkit. Caranya, dengan membeli produk UMKM dalam belanja anggaran pemerintah.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki menyebut realisasi belanja pemerintah membeli produk UMKM telah mencapai 70 persen dari target Rp447,28 triliun.

Hal ini sebagai amanat dari Presiden Joko Widodo yang meminta 40 persen pengadaan barang dan jasa di kementerian/lembaga harus membeli produk UMKM.

“Saat ini sudah terealisasi sebesar 70 persen,” kata Teten.

Selain itu, dukungan lain yang diberikan melalui penyediaan infrastruktur publik kepada UMKM. Semisal di pelabuhan, bandar udara, stasiun kereta api dan rest area harus menyediakan untuk UMKM.

Di sisi lain, pemerintah juga telah membuat skema kerja sama yang melibatkan UMKM. Ada kemitraan UMKM dengan usaha besar, perusahaan BUMN dan pihak swasta.

Beberapa di antaranya kerja sama pemerintah dengan IKEA, yakni peritel khusus perabot rumah tangga dari Swedia lalu Uniqlo, MNC dan lainnya.

Kerja sama ini dibangun dalam rangka memasarkan produk-produk Indonesia baik di pasar domestik maupun pasar global. “Ini supaya produk kita bisa masuk rantai pasok,” ujarnya.

Ia menambahkan cara ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah produk UMKM yang diekspor. Sebab saat ini produk ekspor UMKM Indonesia masih dibawah ekspor migas atau komoditas sumber daya alam lainnya.