Pelaku UMKM dari Provinsi Maluku mempromosikan produknya kepada pengunjung, di Kota Makassar. (Foto: Muhammad Syawaluddin)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagai upaya untuk mempromosikan produk UMKM, Pemerintah Provinsi Maluku melakukan pameran di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sebanyak 65 UMKM dihadirkan untuk mempromosikan produknya.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas N. Orno, mengatakan puluhan UMKM yang hadir tersebut merupakan binaan dari pemerintah daerah melalui Dekranasda yang hadir memamerkan produk-produk unggulan mereka.

“Ini menjadi gerbang bagi kami untuk mempromosikan seluruh potensi daerah yang kami miliki saat ini,” kata Barnabas.

Pemerintah Provinsi Maluku menghadirkan ratusan produk UMKM seperti produk kerajinan, olahan pertanian, hasil kelautan, hingga produk-produk lainnya. Produk ini dipamerkan dan dipromosikan melalui acara Maluku Baileo Exhibition yang berlangsung di Mall Ratu Indah (MaRI) Makassar.

“UMKM yang kita hadirkan merupakan sektor prioritas yang telah kami kembangkan hingga saat ini. Mulai dari kelautan, perikanan, pariwisata, pertanian, dan pertambangan,” tambahnya.

Ia menambahkan Kota Makassar dipilih sebagai lokasi promosi dan pameran produk UMKM lantaran gerbang atau pintu masuk Kawasan Timur Indonesia. Sehingga pihaknya ingin menyamakan persepsi dan menjajaki sejumlah program kerja sama.

“Ini tentunya dalam rangka mendorong terwujudnya kawasan pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia Timur,” ungkapnya.

Barnabas menjelaskan pihaknya tentunya akan terus memastikan iklim usaha di Provinsi Maluku akan terus diperbaharui. Sehingga pertumbuhan ekonomi semakin baik dan kondusif, terutama melalui sektor UMKM dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang.

“Kita juga ingin kedepannya produk UMKM Provinsi Maluku juga bisa dipromosikan disini (Makassar maupun Sulsel), bahkan disuplai untuk masyarakat atau perusahaan yang ada,” pungkasnya.