Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Foto: Dede Nurhasanudin )
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Foto: Dede Nurhasanudin )

Purwakarta, MNEWS.co.id – Kabupaten Purwakarta terus melakukan upaya dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warganya, salah satunya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Peningkatan ekonomi pada pelaku UMKM ini, terus didorong melalui pengembangan pariwisata.

Anne Ratna Mustika selaku Bupati Purwakarta menjelaskan, penataan sektor pariwisata selama ini memang sudah menjadi agenda yang masuk ke dalam rencana kerjanya. Menurut Anne, sektor pariwisata bisa dimanfaatkan menjadi peluang besar untuk meningkatkan perekonomian warganya.

“Dari pariwisata, dipastikan akan tumbuh ekonomi-ekonomi kreatif masyarakat,” katanya.

Anne menambahkan, hingga saat ini keadaan perekonomian masyarakat Purwakarta melalui UMKM cenderung meningkat, sesaat setelah sektor pariwisata berkembang pesat. Oleh karena itu, pihaknya semakin optimis pada pelaku UMKM agar dapat terus berkembang dimasa mendatang.


Atas dasar perhatiannya terhadap pelaku UMKM dan pariwisata, Anne mendapatkan apresiasi serta penghargaan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (OTDA), Kementerian Dalam Negeri RI lewat ajang Regional Leader Enterpreneur Awards 2019 yang bekerjasama dengan Markplus.Inc.

Anne mengatakan bahwa pihaknya cukup bangga dengan mendapatkan penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan ini akan menjadi motivasi bersama dengan timnya untuk terus berinovasi agar dapat terus meningkatkan perekononian masyarakat.

“Kami akan terus mendorong, tak terkecuali sektor pariwisata. Karena, kami menilai sektor wisata bisa menjadi salah satu pendongkrak perekonomian warga,” kata Anne.