Duta Besar RI untuk Namibia Wisnu Edi Pratignyo membuka pameran UMKM Indonesia bertajuk "From Village to Global Market" yang digelar di Omba Gallery di kota Windhoek, Namibia, Afrika pada 28 Mei - 10 Juni 2021. (Foto: KBRI Windhoek)

Bandung, MNEWS.co.id – Kreativitas anak bangsa kembali meraih prestasi di pasar internasional. Melalui UMKM, provinsi Jawa Barat berhasil membawa hasil karyanya ke kota Windhoek, Namibia, Afrika Selatan.

Sebanyak 12 perusahaan UMKM Jawa Barat di bawah naungan ASEPHI (Association of Exporters and Producers of Indonesian Handicraft) atau Asosiasi Exportir dan Produsen Kerajinan Indonesia Provinsi Daerah Jawa Barat mendapat kesempatan untuk mengenalkan produknya.

Pameran produk UMKM Indonesia diselenggarakan atas kerja sama KBRI Windhoek dengan ASEPHI Jawa Barat dan Namibian Craft Center dengan mengusung tema: From Village to Global Market.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Omba Gallery yang merupakan pusat produk UMKM khas Namibia di Namibia Craft Center. Pameran UMKM Indonesia di Namibia dibuka oleh Dubes RI-Windhoek, Wisnu Edi Pratignyo yang mengatakan bahwa pameran tersebut menjadi ajang memperkenalkan produk UMKM Indonesia kepada masyarakat Namibia maupun warga asing yang berada di Namibia.

Oleh karena itu, diharapkan pameran tersebut mampu membuka jalan dan peluang bagi UMKM Indonesia untuk menembus pasar Afrika, khususnya Namibia. Pihak Omba Gallery yang diwakili Expert Coordinator Jurgen Werz menyambut baik pameran yang diselenggarakan oleh KBRI.

Omba Gallery terbuka untuk berbagai bentuk promosi tidak hanya produk kerajinan, tetapi juga produk seni dan budaya.

Jurgen mengatakan pihaknya merasa puas bekerja sama dengan Indonesia dan berharap agar pihaknya dapat bekerja sama lebih erat dengan KBRI dalam upaya peningkatan keahlian para pengrajin.

Dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), pameran UMKM Indonesia di Windhoek menampilkan beragam produk mulai dari baju batik, produk sulam, aksesoris dan perhiasan wanita, keramik, tas kulit, dan sepatu.

KBRI berencana akan mempromosikan produk UMKM tersebut di ajang pameran lainnya di Namibia seperti Ongwediva Trade Fair pada akhir Agustus 2021, serta kegiatan promosi seni budaya KBRI, Batik Workshop and Fashion Show pada awal Juli 2021.

Tidak hanya di Namibia, pemerintah turut mempromosikan kekayaan budaya Indonesia di negara Thailand. KBRI Bangkok turut menyelenggarakan The 4th Indonesian Performing Arts Festival: Celebrating 70th Anniversary of Thailand and Indonesia Diplomatic Relations di Nakhon Pathom, Thailand pada 27 Mei 2021.

Bekerja sama dengan Universitas Chulalongkorn dan Nakhon Pathom Rajabhat University (NPRU), festival tersebut untuk pertama kalinya dilaksanakan secara daring lantaran kondisi masa pandemi.