Produk UMKM Binaan Antam Berhasil Menembus Pasar Internasional

Rasti R | 29 Agustus 2019, 15:05 WIB

Kolaka, MNEWS.co.id - Produk hasil rajutan dari pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan mitra binaan dari PT Antam Tbk, produk yang dibuat tidak hanya menarik perhatian pasar lokal dan nasional namun berhasil menembus hingga  pasar internasional.

Zainab Karbelawati selaku pemilik Zee Crochet Aneka Kreasi Rajutan, menjelaskan bahwa usaha bisnisnya dapat menembus ke pasar internasional karena sistem pemasarannya yang menggunakan secara online (daring).

"Kan saya memasarkannya secara online, kalau online bisa memasarkan produk di berbagai daerah yaitu seperti Aceh, Medan, Papua, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, termasuk luar negeri sudah kami ekspor. Tapi belum skala besar karena keterbatasan tenaga kerja," ujar Zainab di Kolaka, pada Rabu (28/7).

Zainab menceritakan bahwa untuk menyelesaikan sebuah produk hasil rajutan yang dia buat membutuhkan waktu penyelesaian bergantung pada ukuran besar atau kecilnya dari yang akan dirajut. Misalkan seperti dompet maka waktu yang dibutuhkan hanya satu hari, namun misalkan produk berbentuk tas maka bisa membutuhkan waktu dua hari. Sementara untuk tas dengan ukuran besar membutuhkan waktu tiga sampai empat hari.

Dalam usaha yang sedang Zainab rintis, salah satu hambatan yang terjadi saat ini adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM), karena dalam menyelesaikan rajutan yang dibuat membutuhkan ketelatenan agar produk yang dihasilkan pun rapi. Sementara para pengrajin yang berada di tempatnya saat ini jumlahnya sangat sedikit, sehingga dirinya mengajarkan kepada beberapa orang dengan membuka kelas dan berharap dapat menciptakan SDM yang pandai untuk merajut.

" Saat ini saya membuka kelas pelatihan merajut secara gratis, dimana pesertanya adalah para tetangga - tetangga, anak - anak, anak kuliah, ibu - ibu, para guru, pokoknya untuk semua kalangan," ujar Zainab.

Beberapa produk dari usaha UMKM Zee Crochet Aneka Kreasi Rajutan milik Zainab antara lain yaitu tas, ransel dompet, sepatu, jam dinding, figura foto, tas pesta, sovenir dengan bentuk gantungan kunci, bros, wadah keranjang yang multifungsi, topi, songkok, rompi, dan lain - lain.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar