Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam acara Indonesia - India Businness Forum di Hotel Aryadhuta, Jakarta Pusat, Senin, (25/11/19). (Foto: Zikrullah)
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam acara Indonesia - India Businness Forum di Hotel Aryadhuta, Jakarta Pusat, Senin, (25/11/19). (Foto: Zikrullah)

Banda Aceh, MNEWS.co.id – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai pengembangan usaha.

Nova mengatakan saat ini penggunaan teknologi digital sudah menjadi kewajiban, oleh karena itu pihaknya mendorong para pelaku UMKM guna memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut.

Nova menambahkan, sekarang ini persoalan UMKM bukan lagi mengenai permasalahan modal, manajemen usaha, serta pemasaran. Namun saat ini penggunaan teknologi informasi berbasis digital juga harus dimasukkan dalam permasalahan UMKM.

Menurutnya, apabila UMKM tanpa dukungan teknologi informasi digital, maka hal tersebut akan membuat pelaku usaha sulit berkembang. Saat ini tren di era revolusi industri 4.0 sudah menghubungkan segala hal apapun dengan teknologi informasi digital.

“Kemajuan teknologi informasi ini harus menjadi potensi dalam mengelola UMKM. Jika tidak, siap-siap saja tertinggal, bahkan usaha yang digeluti bisa saja tutup atau bangkrut,” kata Nova.

Nova menyebutkan, bahwa banyak beberapa pelaku usaha yang dulu mapan sebelum revolusi industri 4.0, namun kini menjadi rugi karena tidak mampu mengikuti perkembangan zaman.  Usaha tersebut rugi disebabkan karena kalah bersaing dengan usaha yang menggunakan teknologi berbasis digital.

Oleh karena itu, Nova mengajak para pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital sebagai penunjang usaha dalam operasional, promosi, ataupun pemasaran produk.

“Penerapan teknologi informasi berbasis digital ini lebih efisien, cepat dan mampu memberikan keuntungan lebih banyak. Penggunaan teknologi informasi mampu memangkas biaya operasional UMKM,” kata Nova.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here