Ilustrasi produk UMKM. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – Hampir semua e-commerce menghadirkan promo menarik untuk memeriahkan kampanye belanja online 9.9 yang jatuh pada Kamis (9/9/21), tak terkecuali Shopee. E-commerce tersebut menggelar program belanja online spesial bertajuk 9.9 Super Shopping Day.

Perhelatan 9.9 Super Shopping Day yang digelar Shopee tahun ini memiliki misi untuk memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Shopee mencatat bahwa pada 99 menit pertama program belanja tersebut dimulai, secara regional, sebanyak 45 juta produk berhasil terjual. Angka tersebut termasuk produk dari UMKM lokal yang menjadi merchant Shopee.

Pada puncak program 9.9 Super Shopping Day, Shopee mencatat jumlah pesanan produk UMKM lokal di Shopee meningkat hingga enam kali lipat dibanding hari biasa.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, pihaknya puas dengan antusiasme masyarakat yang tinggi selama program 9.9 Super Shopping Day tahun ini. Animo masyarakat, khususnya terhadap produk UMKM tergolong tinggi selama perhelatan 9.9 Super kecantikan, perlengkapan rumah, serta makanan dan minuman Shopping Day.

9.9 Super Shopping Day tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat yang tengah dihadapkan pada situasi serbaterbatas di masa pandemi. Program tersebut juga menjadi pendorong perkembangan bisnis bagi pelaku UMKM dan brand lokal yang menjadi mitra Shopee.

“Kami berharap hal ini dapat menciptakan peluang baru untuk para pelaku usaha serta memberikan kebahagiaan bagi para pengguna dengan pengalaman belanja yang dipersonalisasi, menarik, dan sosial,” ujar Handhika.

Selama program, pelaku UMKM dapat memanfaatkan dukungan pemasaran dan ekosistem Shopee yang terintegrasi untuk mempertinggi potensi penjualan produk. Sepanjang program , tercatat produk UMKM dan brand lokal dari kategori menjadi yang paling banyak dicari.

Adapun produk pada kategori kecantikan yang laris manis selama 9.9 Super Shopping Day adalah toner wajah, masker rambut, dan sunblock (tabir surya). Sementara, pada kategori perlengkapan rumah, produk  yang banyak dibeli adalah wajan, kotak penyimpanan sepatu, dan alat make-up. Pada kategori makanan dan minuman, camilan instan produksi UMKM lokal seperti baso aci, mi goreng, dan cimol menjadi primadona.