Festival Mie Bogasari 2019 yang digelar di Kota Jambi, tepatnya di area Car Free Day (CFD) Tugu Kris Siginjai, Minggu (13/10/19). (Foto: Dok Bogasari)
Festival Mie Bogasari 2019 yang digelar di Kota Jambi, tepatnya di area Car Free Day (CFD) Tugu Kris Siginjai, Minggu (13/10/19). (Foto: Dok Bogasari)

Mataram, MNEWS.co.id – PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) divisi Bogasari menggelar festival kuliner UKM di wilayah timur Indonesia untuk pertama kalinya. Acara kuliner yang bernama festival mi dan aneka jajanan Mataram ini akan berlangsung di Lapangan Islamic Center, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu (10/11/19).

Festival kuliner ini akan melibatkan puluhan usaha kecil dan menengah (UKM) yang tergabung dalam Pamar (Paguyuban Mie Ayam Mataram) dan Paguyuban Rinjani yang semuanya merupakan  mitra binaan Bogasari.

Para UKM mitra binaan Bogasari dari dua paguyuban ini akan menyediakan 1.000 porsi mie, 1.000 aneka jajanan, dan 800 kotak martabak terang bulan sehingga total menjadi 2.800 porsi. Mi ayam dan aneka jajanan akan dijual dengan harga Rp 5.000, sedangkan martabak akan dijual dengan harga Rp 10.000.  Semuanya harga spesial dengan besaran diskon 50% dari harga normal.

“Festival kuliner yang diadakan Bogasari ini merupakan yang pertama kali di Mataram sebagai bentuk apresiasi Bogasari atas pertumbuhan UKM di wilayah Mataram,” ucap Ivo Ariawan selaku Senior Vice President Commercial Bogasari.

Banyaknya potensi UKM kuliner berbasis terigu di Mataram ditandai dengan jumlah UKM mitra binaan Bogasari yang sudah tergabung dalam keanggotaan Bogasari Mitra Card (BMC) yang saat ini sudah mencapai sekitar 500 UKM. 

Sektor kuliner yang paling dominan adalah roti sebanyak 266 UKM dan jajanan pasar 172 UKM. Sisanya UKM Mie, pancake, pastry, cake, dan biskuit. Para UKM mitra binaan Bogasari yang akan terlibat antara lain Mie Sumber Urip, Mie UD Altina Jaya, Kue Bu Sri, MOM Bakery, Wujur Cake, Shakila Roll Cake dan lain sebagainya. 

Ivo menambahkan, dalam festival kuliner ini pengunjung yang hadir bisa mengikuti berbagai perlombaan seperti lomba cepat makan donat, lomba cepat makan mi, lomba menghias cake dan lomba potluck. Tidak hanya lomba untuk pengunjung dewasa, Bogasari juga menyiapkan lomba lomba mewarnai untuk anak TK. 

“Selain menikmati kuliner dengan diskon harga 50%, pengunjung juga berkesempatan meraih hadiah doorprize berupa lemari es, TV 32 inchi, mesin cuci, dan perangkat rumah tangga serta elektronik,” lanjut Ivo. 

Festival kuliner yang digelar Bogasari di tahun 2019 ini juga sudah berlangsung di kota-kota lainnya.  Antara lain, Madiun, Jambi, Sidoarjo, Semarang, Solo, Kuningan, Bogor, Purwakarta, dan Palembang.

“Khusus di bulan November ini akan berlangsung di 4 kota, yakni Malang, Mataram, dan terkahir di Samarinda serta Sukabumi yang akan berlangsung 24 November nanti,” ungkap Ivo.