Minuman kekinian. (Foto: Freepik/topntp26)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kualitas produk adalah elemen utama yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha. Khususnya bagi mereka yang memang ingin mempertahankan bisnisnya di tengah sengitnya persaingan, dan bahkan membuat usaha tersebut semakin maju dan berkembang.

Bagi para pemilik bisnis minuman kekinian, menjaga kualitas produk dagang seperti rasa produk minuman kemasan sudah jadi kewajiban. Kualitasnya harus sesuai dengan standar keamanan pangan di Indonesia serta dunia.

Komponen penting dalam menjaga kualitas rasa sebuah produk minuman diantaranya meliputi rasa, kebersihan serta standar pengemasan dalam menyajikan minuman tersebut.

Dilansir dari Koinworks, berikut cara untuk tetap menjaga kualitas rasa produk dagangan minuman Anda.

1. Monitor Langsung
Sebagai pemilik usaha, tidak ada salahnya Anda bertanggung jawab penuh terhadap proses produksi hingga distribusi produk usaha kamu. Apalagi, saat masih baru merintis usaha Anda.

Tetap memonitor dan pastikan pegawai memberikan laporan berkala agar Anda tetap mengetahui kondisi lapangan. Sehingga, kualitas rasa produk minuman tetap terjamin sampai ke tangan konsumen tidak lagi menjadi hal yang mustahil hingga ke depannya nanti.

2. Tentukan SOP (Standard Operating Procedure)
Sebelum melepaskan produksi ke tangan orang lain, Anda selaku pengusaha wajib untuk membuat SOP atau Standard Operating Procedure yang jelas.

SOP memiliki fungsi yang bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan secara lebih efektif dan efisien, rapi dan juga sistematis dari mulai awal hingga selesai.

Dalam menyusun SOP, apabila Anda pemula ada baiknya untuk meminta bantuan kepada pihak tertentu agar terlihat lebih profesional. Anda sebagai pengusaha bisa mendiskusikannya dengan manajer atau kepala produksi.

3. Menyediakan Training Center untuk Karyawan Baru
Penyediaan training center oleh pemilik usaha, memberikan keuntungan bagi karyawan yang baru masuk untuk terbiasa dengan tempat dia bekerja. Membangun rasa nyaman pekerja yang sudah berada di tempat bekerja terlebih dulu dengan karyawan baru juga sangat baik.

Gunanya untuk membangung chemistry diantara para karyawan. Kondisi ini tentu saja akan berdampak baik bagi pemilik usaha juga. Sehingga, terjaganya kualitas rasa dalam minuman tidak akan menjadi hal yang sulit untuk mewujudkannya. Untuk bimbingan training ini, tidak harus Anda lakukan sendiri sebagai pemilik usaha.

4. Digitalisasi Berkala
Dengan memanfaatkan fungsi dari teknologi yang semakin berkembang, mengurangi resiko kesalahan dan memudahkan Anda sebagai pengusaha untuk tetap menjaga kualitas rasa minuman tetap sama.

Apabila proses produksi mengaplikasikan mesin serta komputerisasi sudah tentu ukuran serta komposisi akan selalu stabil.

Di samping mengurangi kesalahan dan lebih stabil dalam sistem, digitalisasi perlu segera diterapkan, agar waktu produksi juga menjadi lebih efisien. Untuk produksi pangan atau minuman, ada teknologi masa kini yang menggunakan sistem monitoring.

Pada tahap akhirnya, Anda selaku pemilik usaha minuman dapat memastikan dan menjaga standar kualitas produk minuman, baik itu dalam proses produksi, metode penyimpanan, hingga proses distribusi dan sampai ke tangan konsumen atau ritel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here