Sesi Foto Bersama Sahabat UMKM dengan beberapa partnership dalam kegiatan One Day Training Jakarta, Sabtu, (29/2/20). (Foto: MNEWS)
Sesi Foto Bersama Sahabat UMKM dengan beberapa partnership dalam kegiatan One Day Training Jakarta, Sabtu, (29/2/20). (Foto: MNEWS)

Jakarta, MNEWS.co.id – DKI Jakarta menjadi kota kedua dalam Roadshow One Day Training yang diadakan oleh Sahabat UMKM. Dengan tema “Kebangkitan Brand Lokal”, kali ini Sahabat UMKM bekerja sama dengan UPRENEUR yang berlangsung di Griya Legita Universitas Pertamina, ⁣Jakarta, Sabtu, (29/2/20).

One Day Training Sahabat UMKM merupakan kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Sahabat UMKM untuk meningkatkan daya saing para pelaku UMKM Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan Edi Margono selaku Kepala Seksi Pemasaran UKM Dinas Koperasi, UKM serta Pedagangan, Faisal Hasan Basri selaku Sekretaris Jenderal Sahabat UMKM, dan Perwira Redi selaku Pembina UKM Kewirausahaan Univesitas Pertamina. Kegiatan yang dihadiri oleh para pelaku usaha dan mahasiswa serta dukungan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DKI Jakarta, KoinWorks, Botika, serta M-Direct

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Sahabat UMKM dengan UPRENEUR yang merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Universitas Pertamina. Perwira selaku pembina UKM mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah para mahasiswa agar bisa mempersiapkan diri menjadi wirausaha yang dapat bersaing dimasa mendatang.

Dalam kegiatan tersebut, Faisal menjelaskan melalui kerja sama antara Sahabat UMKM dengan UPRENEUR para mahasiswa dan pelaku usaha yang hadir, bisa terus mengembangkan produk serta meningkatkan kualitasnya. 

Ia juga menambahkan melalui roadshow One Day Training yang akan diadakan dibeberapa kota, nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan produk yang ada di DKI Jakarta. Sehingga produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tidak hanya dikenal didalam kota, tetapi terekspos hingga daerah lainnya. 

Pada kesempatan yang sama, Edi yang mewakili Kepala Diskop UKM serta Perdagangan DKI Jakarta mengatakan saat ini wirausaha bukan hanya pelaku yang berdagang dipasar ataupun diruko. Menurutnya, para mahasiswa secara langsung bisa menjadi seorang wirausaha dan memiliki peluang untuk mengembangkan produk yang ada.

Ia menambahkan bahwa pemerintah provinsi dalam upaya meningkatkan kemandirian untuk mendukung para pelaku usaha baru, saat ini telah menghadirkan program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu atau Jakpreneur. 

Jakpreneur merupakan program yang diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai salah satu penyempurnaan dari program One Kecamatan One Center of Entrepreneurship (OK OCE). Selain itu, Edi memaparkan bahwa Pemprov DKI Jakarta selalu terbuka untuk semua pelaku usaha yang ingin bermitra dengan pemerintah.

Kegiatan One Day Training juga menghadirkan narasumber dari Botika dan Koinworks yang memiliki misi untuk membantu pelaku UMKM sesuai dengan kebutuhan mereka. Botika adalah startup dengan produk chatbot atau asisten chat pintar yang bertugas menjawab segala pertanyaan dan keluhan pengguna melalui aplikasi chat Facebook Messenger, LINE, dan Telegram. 

Sementara itu, KoinWorks adalah perusahaan Peer to Peer Fintech Lending di Indonesia yang menghubungkan Pendana dan Peminjam dalam sebuah platform online untuk saling memenuhi kebutuhan finansial.

Botika dan Koinworks merupakan platform yang memiliki misi untuk membantu menaikkelaskan UMKM serta meningkatkan tumbuh kembang para pelaku usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here