Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah saat membuka acara pelatihan puluhan pelaku UMKM di Hotel Lombok Raya, Senin, (24/2/20). (Foto: Humas NTB)
Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah saat membuka acara pelatihan puluhan pelaku UMKM di Hotel Lombok Raya, Senin, (24/2/20). (Foto: Humas NTB)

Mataram, MNEWS.co.id – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mendukung komoditas produksi usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar bisa menembus pasar Amerika. Karena kualitas hasil produksi NTB yang masih mengedepankan bahan baku dari alam dan proses buatan tangan disebut sangat cocok untuk kegiatan ekspor tersebut.

Lalu Saswadi, Kepala Dinas Koperasi (Diskop) menjelaskan, pihaknya telah menjaring 40 UMKM dari seluruh NTB yang dikurasi kembali untuk mengikuti pameran di Amerika. Seluruh UMKM tersebut kemudian mengikuti pelatihan artisan/UMKM yang digelar pihaknya bersama-sama  stakeholder terkait seperti Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, dan Bank Indonesia.

Produk kerajinan tersebut telah memiliki segementasi pasar khusus di Amerika. Diterangkan Saswadi, beberapa hal yang masih perlu perhatian untuk itu adalah konsep pengemasan dan desain yang ditawarkan.

Tak hanya itu, desain produk UMKM NTB diakui masih monoton dan belum memberikan pilihan yang representatif bagi pasar yang lebih luas. “Ini (produk UMKM NTB) masih lebih banyak selera kita (pribadi). Tinggal kita tambah desainnya supaya sesuai dengan selera pasar yang lebih luas,” katanya.

Zulkieflimansyah selaku Gubernur NTB mengapresiasi peningkatan SDM yang berusaha dilakukan. Khususnya untuk peningkatan kualitas produk krajinan dan busana NTB.

Peningkatan kualitas merupakan salah satu kunci utama membuka akses pasar internasional. Dimana kendala yang mungkin didapati pengusaha dan pengerajin jika tidak memperluas pasar dapat dihindari. 

Melalui pelatihan tersebut pelaku UMKM akan memiliki kemampuan untuk melakukan penetrasi pasar. Sehingga, seluruh produk yang dihasilkan dapat terjual dengan baik di berbagai pasar di seluruh dunia.

Kerjasama KJRI New York dengan pelaku UMKM sendiri telah dimulai sejak 2016. Pelatihan berbasis on-line juga telah diberikan kepada para pelau UMKM di berbagai daerah, sehingga untuk 2020 merupakan giliran bagi NTB.

Pelatihan yang diberikan ditujukan untuk meningkatkan kapasitas SDM di bidang pemasaran on-line. Sehingga produk kerajinan NTB dapat dikirim dan dipamerkan di ajang New York Now, yaitu pameran dagang dan griya terbesar di Amerika Utara. Now York Now sendiri disebut akan dihadiri oleh 2.500 orang penyelenggaran dan 25.000 pembeli dari kalangan profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here