Ilustrasi penerapan protokol kesehatan di tempat wisata. (Foto: Merdeka.com)

Bandung, MNEWS.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersama Aria Production akan menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata lewat film. Tujuannya supaya penanganan Covid-19 dan kegiatan pariwisata dapat berjalan beriringan.

Karya film berjudul “Piknik Gaya Baru” juga akan mempromosikan destinasi wisata di Jawa Barat, salah satunya Kampung Lebaksiuh. “Film ini bercerita tentang situasi pandemi Covid-19. Bagaimana kita harus disiplin dan memprioritaskan kesehatan saat berwisata,” ujar Asisten Daerah Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudrajat Abdurachim, mengutip dari Tempo.

Dudi memaparkan bahwa penerapan protokol kesehatan saat berwisata sangat memengaruhi banyak aspek. Termasuk roda produksi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pelaku ekonomi kreatif.

“Destinasi wisata tetap berjalan dengan disiplin protokol kesehatan. Karena sektor pariwisata ini banyak dimensinya, seperti UMKM yang harus dijaga keberlangsungannya untuk terus beraktivitas ekonomi,” ungkapnya.

Ia menambahkan pihaknya akan memerhatikan komentar dari masyarakat terkait film tersebut. Kemudian, dievaluasi tingkat efektivitasnya. Selanjutnya, proyek ini dapat bekerja sama dengan pihak kabupaten atau kota.

Sementara itu, Eksekutif Produser Aria Production Pamriadi mengatakan, film yang dibintangi oleh Icuk Nugroho ini akan tayang di stasiun televisi nasional pada akhir Januari 2021. Ia pun sependapat dengan Dudi bahwa film berdurasi 60 menit itu menyampaikan pesan penting.

“Tujuan kita membuat film ini ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa sebetulnya untuk berwisata itu kita bisa aman dan nyaman kalau protokol kesehatan dijalankan,” ujar Pamriadi.