Suvenir koteka hingga ikat kepala khas Papua. (Foto: detikTravel)

Jayapura, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah berencana akan membangun galeri untuk penjualan khusus hasil kerajinan tangan di Kota Jayapura.

“Tahun depan kami mulai bangun melalui lewat dana Otsus. Kami sudah usulkan ke Pemerintah Kota Jayapura. Galeri terletak di depan Pasar Entrop Jayapura atau samping Kantor Satpol PP Kota Jayapura,” kata Kepala Disperindagkop dan UKM, Robert L.N Awi.

Awi memaparkan galeri sebagai tempat penjualan hasil kerajinan tangan tersebut nantinya akan ditempati para pengrajin, seperi pengrajin noken, batik, aksesoris, dan kerajinan lainnya, diharapkan usaha para pengrajin bisa lebih berkembang sekaligus dapat memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga.

“Ada 70 hingga 80 pelaku usaha yang memiliki produk sebagai oleh-oleh Kota Jayapura yang dapat berdagang di galeri. Kami siapkan tempat penjualan ini sesuai dengan kebutuhan,” tambahnya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Jayapura, Kristhina R.I.L. Mano, berharap ada galeri yang akan dibangun untuk menampilkan hasil kerajinan tangan berupa suvenir para pengrajin, sehingga tidak membuat pengunjung kesulitan mencari oleh-oleh kerajinan tangan khas Papua khususnya di Kota Jayapura.

“Di Kota Jayapura ini belum ada galeri penjualan hasil kerajinan tangan. Kami mengusulkan kepada Bapak Wali Kota Jayapura supaya dibikinkan galeri sebagai tempat untuk menjual sekaligus tempat pelatihan,” ujar Kristhina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here