Ilustrasi pelaku UMKM. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk mendorong geliat pertumbuhan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi saat mengunjungi Pasar Poncol dan area UKM Monumen Nasional (Monas).

Irwandi mengatakan aktivitas perekonomian tradisional dianggap mampu merefleksikan pertumbuhan ekonomi masyarakat suatu kota. Di Jakarta sendiri, pemulihan ekonomi terus diupayakan.

“Untuk membangkitkan ekonomi, beberapa hal akan direvitalisasi. Salah satunya sarana dan prasarana Pasar Poncol,” ucap Irwandi.

Langkah ini pun diapresiasi oleh Calon Ketua Umum HIPMI Jakarta Pusat Rizky Adhitya Ramadhan. Ia menyatakan bahwa pihaknya akan membantu menghidupkan ekonomi. “Khususnya melalui UMKM sebagai bagian kolaborasi dari HIPMI Jakarta Pusat dalam menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Jakarta Pusat,” ungkapnya.

Adapun pada kuartal III-2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia memberikan sinyal positif akibat dari dukungan sektor esensial, kritikal, dan industri yang berorientasi digital. Percepatan vaksin pun memiliki andil dalam pemulihan kondisi ekonomi tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per November 2021, perekonomian nasional pada kuartal III-2021 tumbuh sebesar 3,51 persen (yoy). Pertumbuhan ini juga didorong oleh peningkatan konsumsi domestik pada Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT) dan Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (PKP).