Suasana Gebyar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1259 yang secara resmi dibuka, pada Rabu (27/11/19). (Foto: Beritajatim)
Suasana Gebyar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1259 yang secara resmi dibuka, pada Rabu (27/11/19). (Foto: Beritajatim)

Malang, MNEWS.co.id – Pemerintah Kabupaten Malang, mengadakan Gebyar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1259 yang secara resmi dibuka, pada Rabu (27/11/19).

Pameran ini dilaksanakan di halaman luar Stadion Kanjuruhan, Kota Kepanjen, Kabupaten Malang dan menghadirkan 300 pelaku usaha yang ikut berpartisipasi. Para peserta yang hadir bukan hanya dari Kabupaten Malang, namun banyak datang dari luar daerah.

Dalam pameran ini Pemkab malang juga meluncurkan aplikasi online marketplace UMKM. Aplikasi online tersebut bernama ‘MalangKab UMKM’ yang diciptakan untuk memberikan wadah produk UMKM yang ada di Kabupaten Malang.

HM.Sanusi, Bupati Malang, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono menyampaikan bahwa gebyar ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk ikut membantu mempromosikan produk UMKM agar lebih dikenal masyarakat secara luas.

“Saya yakin, ini akan menarik kunjungan masyarakat. Hari ini juga dilaunching online market place. Ini untuk memfasilitasi seluruh UMKM. Karena saat ini kan trendnya bergeser ke digital. Potensi UMKM juga harus diperluas pasarnya,” kata Didik.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang, Ferry Hari Agung menyampaikan jika aplikasi yang baru diluncurkan itu bisa diunduh melalui Google PlayStore dengan nama MalangKab UMKM.

“Sebenarnya kan sudah lama, apalagi era digital ini, UMKM kita agar dikenal masyarakat luas. Kita gali seperti itu, kemudian kita buatkan aplikasi ini,” ujar Ferry. Ferry menambahkan, pelaku UMKM cukup mendaftar untuk bisa mengakses dan memasarkan produk unggulan mereka dalam aplikasi MalangKab UMKM.