Ilustrasi pelaku usaha teh. (Foto: Tribunnews)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Provinsi Sulawesi Tengah membantu produksi dan pengembangan teh gaharu yang dilakukan oleh pelaku usaha di daerah tersebut.

“Kami upayakan di APBD perubahan ada alokasi dana untuk pengadaan mesin pengolahan teh, agar semakin meningkat produktivitasnya dan dapat mengefisiensi waktu,” ucap Bupati Buol Amirudin Rauf dilansir dari Antara.

Amirudin menjelaskan pengembangan teh gaharu, merupakan salah satu komitmen Pemkab Buol dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat berbasis pembangunan ekonomi kerakyatan dari sektor agrobisnis.

Di Kabupaten Buol terdapat seorang pelaku usaha bernama Ilham yang telah membudidaya teh gaharu, yang selanjutnya daunnya dikelola untuk pembuatan teh dengan nama teh gaharu.

Amirudin menambahkan ekonomi kerakyatan dari sektor agrobisnis untuk peningkatan perekonomian daerah, diintervensi oleh Pemkab Buol dengan melakukan pemberdayaan dan menciptakan iklim agar UMKM terus berkembang.

“UMKM adalah salah satu sendi perekonomian daerah, olehnya kita harus mendorong UMKM dapat bertahan dan berkembang sekalipun di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya.

Ia mengakui bahwa salah satu instrumen penggerak perekonomian daerah adalah UMKM, olehnya Pemkab Buol tidak menutup mata terkait dengan pengembangan UMKM.

Berkaitan dengan itu Ilham yang merupakan pelaku usaha teh daun gaharu menyampaikan terima kasih atas keberpihakan bupati Buol terhadap UMKM.

“Saya berterima kasih kepada Bupati Boul, karena hendak memajukan pelaku UMKM. Saya salut dengan keberpihakan pak bupati terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat,” ujar Ilham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here