Pelatihan manajemen keuangan bagi para pelaku UKM di Kabupaten Bangka Barat, Senin (16/3/20). (Foto: ANTARA)
Pelatihan manajemen keuangan bagi para pelaku UKM di Kabupaten Bangka Barat, Senin (16/3/20). (Foto: ANTARA)

Bangka Belitung, MNEWS.co.id – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelatihan manajemen keuangan bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) guna mendorong kemandirian para peserta.

“Untuk meningkatkan kemandirian para pelaku UKM perlu ditunjang dengan keterampilan mengelola keuangan perusahaan, melalui kegiatan ini kami berharap para pelaku UKM di Bangka Barat semakin memahami manajerial perusahaan sehingga usaha semakin maju dan berkembang,” kata Petugas Penyuluh Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Ridwan Sho’im Hidayat.

Menurut dia, pola manajerial yang paling sederhana mulai perlu dilakukan para pelaku usaha untuk mengetahui rekam jejak produksi serta situasi pasar yang sudah berjalan selama usaha berjalan.

“Pencatatan jejak produksi dalam bentuk pembukuan sederhana bisa menjadi dasar analisa kebutuhan pasar dan perkiraan kebutuhan konsumen,” katanya.

Untuk meningkatkan kemampuan pembukuan tersebut, Pemkab Bangka Barat saat ini sedang melaksanakan pelatihan manajemen pembukuan kepada 30 orang pelaku UMKM yang dilaksanakan selama empat hari.

Dalam pelatihan itu, panitia mendatangkan narasumber yang cukup kompeten di bidang manajemen dari Balai Latihan Koperasi dan UMKM Jawa Barat