Ilustrasi Toko Online. (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

Tangerang, MNEWS.co.id – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Tangerang menjajaki kerja sama dengan marketplace Tokopedia dan Shopee dalam pemasaran produk UKM.

Katrina Iswandari, Kepala Bidang UKM Kota Tangerang menjelaskan pemasaran sistem daring atau online  di tengah pandemi Covid-19 saat ini merupakan salah satu cara yang optimal dalam memasarkan produk pelaku usaha kecil menengah (UKM) agar tetap berkembang.

“Intinya, produk UKM ini mendapatkan ruang dalam pemasaran sekaligus pelatihan kepada pemilik usahanya dalam penjualan berbasis online,” katanya.

Bidang UKM juga melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan terkait pendampingan, magang, maupun pelatihan bagi pelaku UKM. Targetnya, produk UKM tersebut dapat terjual maupun dipasarkan dalam jangkauan lebih luas.

“Perlu ada strategi dalam pemasaran. Maka itu, kita lakukan kerja sama dengan perusahaan agar produk UKM tersebut dapat dipromosikan lebih luas lagi,” tambahnya.

Mengenai bantuan dana kepada pelaku UKM, Katrina menuturkan hampir sebagian besar pelaku UKM di Kota Tangerang terkena imbas dari pandemi Corona ini.

Pemasukan pelaku UKM mengalami penurunan drastis karena penjualan tak bisa secara langsung seperti biasanya setelah pembatasan sosial. “Kita telah mendorong kepada pelaku UKM untuk ikut dalam Program Tangerang Emas maupun dengan perbankan dalam pinjaman tanpa bunga untuk menjaga penjualan dan produksi berjalan,” ungkapnya.