Wisata Pedestrian Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatera Barat. (Foto: Radio Republik Indonesia)
Wisata Pedestrian Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatera Barat. (Foto: Radio Republik Indonesia)

Padang, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) bakal menggelar tiga kegiatan pariwisata besar ditahun 2020 untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

“Tiga kegiatan tersebut yaitu dari Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo, Lomba Selaju Sampan, serta Padang Kuliner-Run yang dipusatkan di Kawasan Kota Tua,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi, Rabu (8/1/20).

Mahyeldi berharap tiga ajang yang digelar pada April 2020 itu dapat menggeliatkan pariwisata di Kota Padang. Ia juga meminta dukungan semua pihak dan pemangku kepentingan terkait agar dapat memaksimalkan kegiatan tersebut.

Mahyeldi memperkirakan sebanyak 10 ribu orang baik dari dalam dan luar Sumbar akan menghadiri acara tersebut. “Alhamdulillah untuk Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo yang juga didukung Kemenpar sukses dengan meraih dua rekor Muri pada 2019,” ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut wisatawan akan lebih ramai berkunjung ke Padang dan berdampak bagi ekonomi masyarakat. Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kementerian Pariwisata Raseno Arya mengapresiasi Pemerintah Kota Padang yang terus bergerak intensif menggenjot sektor pariwisata.

Tiga kegiatan yang akan digelar untuk memberikan hiburan bagi masyarakat dan diharapkan memberikan banyak manfaat bagi sektor pariwisata Kota Padang.

Penggagas ajang Tour de Singkarak (TdS) itu mengatakan dengan banyaknya wisatawan ke Kota Padang otomatis akan menghidupkan perekonomian di kota itu mulai dari sektor perhotelan, pelaku usaha dan lainnya.

“Jadi ini yang menjadi fokus dan harapan kita sesungguhnya. Semoga hal ini berjalan lancar dan sesuai harapan. Insya Allah untuk pembukaan kegiatan nantinya akan dilakukan oleh Menteri Pariwisata Wishnutama,” katanya

Sementara itu Alam Gunawan  selaku Panitia Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo, mengatakan keberhasilan dan kemajuan suatu daerah juga bergantung terhadap kemajuan pariwisata daerah itu sendiri.

“Kita dan semua orang mengetahui Padang memiliki pariwisata andalan terdapat hamparan laut nan indah disertai sungai-sungai, perbukitan dan adanya kawasan kota lama yang ada, di samping kulinernya yang enak sekali,” ujar dia.