Salah Satu Toko Binaan Taspen di Cirebon. (Foto: Radar Cirebon)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mendukung kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan dengan mengembangkan program Wirausaha Pintar melalui Kios Warga. Program itu merupakan inisiasi dari PT Taspen. 

“Kios atau warung merupakan satu gerakan ekonomi kerakyatan yang sering kita jumpai di area pemukiman dalam memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga. Maka Kios Warga ini diharapkan menjadi salah satu solusi mendapatkan pasokan barang-barang yang akan dijual di warung,” kata Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM  dalam peluncuran Kios Warga secara virtual pada Rabu, (10/6/20).

Teten menjelaskan masa pandemi ini mengubah pola konsumsi masyarakat dari offline menuju online. Pemenuhan kebutuhan yang awalnya dapat dilakukan dengan cara konvensional, mulai bergeser menuju digital. 

Maka menurutnya, kios atau warung perlu melakukan adaptasi turut berevolusi menjadi warung modern. Modernisasi warung atau kios merupakan upaya mengakselerasi pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital.

Seperti diketahui, saat ini ritel modern menjadi pesaing kios masyarakat, sehingga modernisasi kios diperlukan, melalui pemanfaatan teknologi. Upaya tersebut akan membantu penerapan sistem inventori, pemesanan secara online, pembayaran digital, dan pengaturan lay out produk yang menarik dan bersih. 

“Saat ini pemerintah gencar mendorong produk-produk KUMKM melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia. Kios atau warung diharapkan menjadi bagian dari gerakan program tersebut dengan menyediakan ruang bagi penjualan produk-produk KUMKM,” ujarnya. 

Sebagai informasi, Kios Warga merupakan layanan extra miles dari Taspen kepada ASN dan pensiunan dalam memperhatikan kesejahteraan dan kelangsungan hidup ASN di hari tua. TASPEN bekerja sama dengan PT Jaring Sistema Semesta (JSS) sebagai konsolidator penyedia barang dan jasa dalam rangka mendukung program Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mengingat sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. 

UMKM akan mendapatkan dukungan penguatan usaha berupa pembiayaan usaha kios dengan harga produk yang sangat menguntungkan margin mencapai 18 persen, digital product payment point online bank (PPOB), aplikasi penjualan dan aplikasi ordering sehingga proses bisnis dapat di review menjadi bankable dan QR payment. Modal usaha kredit dari mitra bayar Taspen, kini bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI)