Ilustrasi. (Foto: Validnews)

Jakarta, MNEWS.co.id Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin memperkuat basis ekonomi nasional berbasis digital. Sasaran utama yang akan digerakkan ialah sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menjadi fondasi kekuatan ekonomi nasional.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, langkah pertama Presiden Jokowi yakni dengan memberikan pinjaman modal usaha hingga 30 persen kepada UMKM. Setelah pembiayaan, secara paralel akan mendorong lebih banyak lagi UMKM yang memanfaatkan teknologi termasuk untuk pembiayaan.

“Sekarang pemerintah mendorong pembiayaan kepada UMKM, tidak hanya UMKM yang konvensional tetapi juga UMKM digital,” ujar Erick.

Selain itu, Erick juga menjelaskan bahwa Jokowi telah meluncurkan program khusus untuk membantu startup lokal terus berkembang. Ia menyebut, startup lokal harus mampu bersaing dengan startup luar, termasuk dalam segi pembiayaan.

Karena itu, Jokowi meluncurkan Merah Putih Fund, program investasi kepada startup agar terus memperkuat ekonomi digital di Indonesia. Diharapkan, startup lokal terus melebarkan sayapnya hingga ke luar negeri dan mampu memperkuat ekonomi nasional.

“Kemarin Minggu, (16/1/22), Bapak Presiden me-launching Merah Putih Fund, untuk investasi ke startup, tetapi startup-nya orang Indonesia, beroperasi di Indonesia, dan nanti go public di Indonesia,” ungkap Erick.