Ketua Dekranasda Trenggalek Berikan Pelatihan Pelaku UKM. (Foto: BeritaTerbit.com)

Surabaya, MNEWS.co.id – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur membantu melakukan penguatan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Di Rumah Perempuan Trenggalek, Ketua Tim Dekranasda Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini memberikan pelatihan terhadap pelaku UKM agar mampu beradaptasi di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut diadakan pada Senin, (13/7/20).

Novita mengatakan bahwa, keadaan pandemi saat ini menuntut masyarakat untuk beradaptasi dengan kehidupan di sekitar. Menurutnya, saat ini banyak kebiasaan atau gaya hidup baru yang masyarakat lakukan saat ini, sehingga pelaku UMKM perlu beradaptasi dengan lifestyle baru tersebut.

Ia menambahkan, para pelaku usaha juga harus bisa beradaptasi serta menyesuaikan barang serta jasa yang diproduksi dengan gaya hidup baru. Tidak hanya beradaptasi, pelaku UKM juga penting untuk merambah pasar online guna meningkatkan traffic penjualan. Oleh karena itu, perkembangan teknologi perlu dimanfaatkan dengan baik agar UKM untuk mengikuti perkembangan saat ini.

Sementara itu, Agus Setyono, Kepala Dinas  Koprasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Komindag) Kabupaten Trenggalek, mendukung upaya yang dilakukan oleh Ketua Dekranasda Trenggalek. Menurutnya, penguatan sektor UKM cukup penting untuk dapat mendorong pelaku usaha dalam beradaptasi di tengah terpaan ekonomi saat pandemi COVID-19.