Jakarta, MNEWS.co.id – Salah satu aspek penting yang dapat menentukan perkembangan suatu bisnis adalah strategi pemasaran (marketing). Pemasaran memegang peranan penting dalam proses pengembangan bisnis dari segala skala usaha. Bahkan usaha dengan skala besar pun tetap mengandalkan marketing guna menjangkau pelanggan atau klien mereka.
Di era modern seperti saat ini, pemasaran digital (digital marketing) menjadi pilihan strategi yang sangat penting bagi suatu bisnis. Digital marketing dapat membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi suatu bisnis secara online di semua platform.
Penggunaan teknologi dan pemasaran digital oleh pelaku UMKM Indonesia telah meningkat pesat, terutama pada masa pandemi seperti ini. Strategi pemasaran tradisional sudah tidak lagi cukup untuk meningkatkan daya saing. Pemasaran digital dapat memberikan solusi terhadap aktivitas penjualan UMKM di masa pandemi.
Muhammad Triangga, selaku Co-Founder Grebe menjelaskan, pemasaran digital membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens dibandingkan metode konvensional dengan biaya lebih hemat dan terukur.
“Pelaku UMKM diharapkan untuk terus mampu beradaptasi dengan segala perkembangan teknologi jika ingin usahanya terus maju dan tidak ikut terpuruk di masa sulit seperti saat ini. Termasuk juga dengan memahami bagaimana menjalankan pemasaran digital yang cocok untuk usahanya,” katanya dalam webinar Samsung Business Indonesia bertajuk ‘UMKM Maju melalui Pemasaran Digital’ yang diadakan secara daring pada Selasa (30/11/21).
Menurutnya, dengan semakin berkembangnya teknologi digital saat ini, UMKM bisa memanfaatkan bermacam metode digital marketing. Hal ini bertujuan agar pemasaran produknya menjadi lebih efisien dengan jangkauan yang lebih luas.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Roro Puteri, Head of Majoo Academy yang memaparkan jika pelaku usaha bisa menawarkan produk atau jasanya melalui beragam platform online seperti media sosial, website, e-commerce, blog, iklan online, dan sebagainya untuk bisa dilihat oleh calon konsumen. Melalui berbagai platform online ini, pelaku usaha dan calon konsumen juga bisa saling berkomunikasi.
Ia menambahkan, memasarkan produk secara digital akan membantu suatu produk UMKM agar dikenal banyak orang dan mendapatkan pelanggan yang potensial.
“Dengan semakin meningkatnya jumlah populasi masyarakat yang menggunakan internet, maka pemasaran digital menjadi media promosi paling efektif buat UMKM,” ujar Roro dalam kegiatan yang sama.
Sementara itu, Yenti Wong selaku SMB Territory Manager IT & Mobile B2B Samsung Electronics Indonesia menambahkan, dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi, para UMKM mulai memanfaatkan teknologi digital untuk mengoperasikan bisnisnya. Beberapa di antara mereka juga mulai beralih pada taktik pemasaran yang lebih efisien dengan menggunakan saluran digital untuk melakukan penjualan.
Menurut Yenti, saluran digital menjadi alternatif yang paling tepat digunakan saat ini. Hanya saja untuk melakukan pemasaran digital yang efektif diperlukan pemahaman yang baik tentang ekosistem digital. Dengan pemahaman yang baik, UMKM dapat merancang strategi pemasaran untuk menjangkau target pasar yang potensial.
“Kemudahan dalam mengakses platform digital menjadi sebuah peluang bagi pelaku usaha tidak terkecuali untuk UMKM. Mereka bisa memasarkan produknya melalui pemasaran digital sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing sekaligus meningkatkan penjualan,” ujar Yenti.
Guna mendukung digitalisasi UMKM Indonesia, Samsung Business Indonesia pun menghadirkan inisiatif Samsung for Small and Medium Business (SMB). Samsung SMB merupakan bagian dari Samsung Business Indonesia yang bermula offline dan sekarang dapat juga diakses secara online. Portal digital ini menyediakan produk Samsung yang dapat menunjang kegiatan operasional pelaku usaha dengan benefit spesial, khususnya untuk pelaku UMKM.
Beberapa benefit yang ditawarkan melalui portal Samsung SMB yaitu bebas biaya pendaftaran keanggotaan, cicilan 0%, bebas ongkir, 100% produk original, serta cicilan non kartu kredit dengan melayani transaksi dari seluruh daerah di Indonesia.
Bagi para pelaku UMKM yang ingin bergabung dengan portal Samsung SMB bisa mengakses melalui laman https://www.samsung.com/id/business/shop/smb/.
Pemanfaatan teknologi dan pemasaran digital dapat membantu pelaku UMKM untuk melakukan efisiensi biaya. Selain itu, cara ini juga dapat menghasilkan jangkauan konsumen yang lebih luas. Pelaku usaha dapat memasarkan produknya ke mana saja tanpa batas. Dengan demikian, strategi ini dapat menjadi solusi untuk membantu UMKM dalam mempromosikan produknya dengan jauh lebih praktis dan efektif.