Ilustrasi Generasi Milenial. (Foto: Freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Generasi muda sangat besar sebagai sosok yang aktif, dinamis, penuh energi yang diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang bergerak serta berusaha untuk dapat ikut membantu pemerintah mendorong perekonomian nasional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan para pelaku usaha milenial dapat menjadi mesin penggerak untuk perekonomian nasional di masa mendatang. Ia melihat era yang sedang berkembang saat ini sangat dipengaruhi teknologi digital dan kaum milenial begitu akrab dengan teknologi. Menurutnya, generasi milenial memiliki pemikiran inovatif yang out the box sehingga mampu mengangkat dan membangkitkan UMKM di Indonesia.

Salah satu cara yang dapat menolong pelaku UMKM terus bertahan adalah inovasi, kolaborasi, dan go digital.

Untuk mencapai hal itu, peran serta kaum milenial yang melek teknologi sangat penting di masa pandemi ini, seperti yang dilakukan oleh beberapa pelaku usaha milenial berikut ini yang sedang mengembangkan bisnis dan mencari ide usaha di tengah pandemi.

  • Bakerboss, usaha pastry yang dibangun saat pandemi

Radiva Alfathan (17) remaja asal Jakarta memanfaatkan peluang di masa kebijakan physical distancing dan Work From Home (WFH) dengan membangun usaha Bakerboss di bulan April.  Bakerboss merupakan usaha rumahan pastry dan bakery yang menghadirkan produk cinnamon rolls dan menjadi signature product dengan berbagai varian rasa.

Radiva membangun usaha ini untuk menghasikan uang sendiri serta menjadi generasi muda yang dapat berdampak dalam membantu orang lain yang membutuhkan, salah satunya adalah driver ojek online.

Di tengah kondisi pasar yang tidak stabil, Radiva terus melakukan inovasi dan mencoba hal baru untuk mempertahankan usahanya. Salah satunya yaitu melakukan kolaborasi dengan temannya yang memiliki usaha kopi bernama Waa Kopi dan memasarkan produknya melalui media sosial khususnya Instagram.

  • PartyplannersTCB mencoba bangkit dengan go digital

Suri Tasya Cindar Bumi (25) pemilik usaha PartyplannersTCB mengakui bidang jasa Event Organizer sangat terdampak pandemi virus Corona. Sejak masa pandemi masuk ke wilayah Tangerang, berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dihentikan untuk sementara waktu. Memilih untuk tetap bertahan, Cindar tetap optimistis dan melakukan upaya untuk terus mengembangkan usahanya.

Penggunaan media online pun menjadi strategi yang ditempuh Cindar dengan terus memaksimalkan media sosial yang dimilikinya. Akhirnya Cindar fokus melakukan pemasaran melalui media sosial khususnya Instagram dengan menghadirkan berbagai promo spesial. Ia mengakui, banyak di antara para konsumennya yang tertarik dengan berbagai promo khusus yang dihadirkan olehnya di masa pandemi saat ini.

  • Usaha kuliner MAX’S Donat yang tetap diminati saat pandemi

Tidak sedikit pelaku usaha yang mengalami penurunan omzet dan penjualan saat pandemi, salah satunya adalah Elsa Irani Putri (25) dengan usaha MAX’S Donat. Elsa mengatakan masa pandemi juga mengalami kendala dengan kurangnya SDM yang mengerjakan produksinya. Oleh karena itu, untuk menyiasati kondisi tersebut dengan mencari tempat dan lokasi baru yang strategis. Selain itu, sebagian besar pesanan yang diperolehnya berasal dari hasil strategi pemasaran secara online di media sosial.

  • Sate Taichan Nindy yang tetap berasap di tengah pandemi

Masa pandemi telah memukul banyak pelaku usaha di berbagai sektor, tak terkecuali pelaku usaha sate taichan. Putri Lutfi Ilmania (25) pemilik Sate Taichan Nindy mengungkapkan selama masa pandemi usahanya mengalami penurunan omzet dan penjualan.

Akhirnya Ia terus mencari peluang dengan memanfaatkan media sosial, reseller, serta menggunakan jasa pengantaran ojek online. Menurutnya, dengan memanfaatkan media online saat ini dapat memberikan berbagai kemudahan bagi pelaku usaha.

Beberapa kisah pelaku usaha milenial tersebut setidaknya dapat menjadi titik-titik semangat yang dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan generasi muda untuk bersatu dan bangkit menjadi generasi penggerak perubahan.

Semoga momentum Hari Sumpah Pemuda dapat meningkatkan peran pemuda sebagai generasi penerus yang mampu mewujudkan kemajuan bangsa untuk bangkit dari masa pandemi yang sedang melanda negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here